News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

285 Orang lakukan Donor Darah di Kilang Pertamina Internasional Unit Balongan

285 Orang lakukan Donor Darah di Kilang Pertamina Internasional Unit Balongan

 


INDRAMAYU – Guna membantu memenuhi kebutuhan darah bagi para pasien yang membutuhkan, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balongan menggelar kegiatan donor darah di Gedung Patra Ayu, Perumahan Pertamina Bumi Patra, Selasa (14/12/21).


Kegiatan diikuti 285 orang pendonor yang merupakan pekerja RU VI, mitra kerja, dan keluarga. Sebagian besar peserta donor darah merupakan pendonor aktif dan beberapa diantaranya  merupakan pendonor pertama.

Sebagai syarat utama  sebelum melakukan donor darah seluruh pendonor wajib melakukan swab antigen maupun tes genose yang disediakan oleh fungsi Health Pertamina RU VI sebagai penyelenggara, setelah dinyatakan negatif peserta baru diperbolehkan masuk ke ruangan donor darah


Section Head Health Pertamina RU VI Balongan dr Bernardo L Tobing mengatakan, kegiatan donor darah ini bekerjasama dengan PMI Cirebon, dan kegiatan donor darah kali ini merupakan yang pertama dilakukan sejak pandemi melanda Indonesia, namun saat ini angka positif di lingkungan RU VI sudah 0 kasus, namun demikian pelaksaaan donor darah tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat.


“Kami harap aksi donor darah ini bisa membantu Rumah Sakit dalam memenuhi kebutuhan darah bagi para pasien yang membutuhkan”, ungkap dr Bernard.


Bersamaan dengan kegiatan donor darah, RU VI Balongan juga menggelar kegiatan Voluntary Counseling Test HIV Aids atau konseling dan tes HIV sukarela yang bertujuan untuk mengetahui kesehatan sejak dini. Kegiatan VCT HIV Aids tersebut bekerjasama dengan Puskesmas Karang Ampel secara gratis untuk peserta konseling.


Proses konseling HIV sendiri berlangsung tertutup sehingga kerahasiaan para peserta konseling terjaga dan tidak disebarluaskan. Diharapkan kegiatan VCT ini bisa memberikan pemahaman kepada seluruh keluarga besar Pertamina RU VI Balongan dan masyarakat sekitar tentang bahaya HIV serta mencegah tertularnya HIV.


Rangkaian kegiatan donor darah dan VCT HIV Aids di Pertamina RU VI Balongan sendiri berlangsung lancar dan secara antusias diikuti peserta. 


Anas, salah satu pekerja RU VI ini merasa bersyukur bisa kembali mengikuti kegiatan donor darah yang diadakan perusahaan. Menurutnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mebantu sesama, seperti menyumbangkan darah bagi yang membutuhkan.


“semoga darah yang kita sumbangkan bermanfaat bagi yang membutuhkan dan memberi kesehatan untuk kita pendonor darah,” ungkapnya. (Abdul Gani)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

galeri