News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Anggota DPRD Jabar Hilal Hilmawan Saat Reses Menyerap Apirasi Pemberdayaan Pemuda Untuk Kurangi Pengangguran dan Perbaikan Infrastruktur

Anggota DPRD Jabar Hilal Hilmawan Saat Reses Menyerap Apirasi Pemberdayaan Pemuda Untuk Kurangi Pengangguran dan Perbaikan Infrastruktur

 

SERAP ASPIRASI. Anggota DPRD Jabar dari fraksi Partai Golkar, Hilal Hilmawan S.IP, M.IP saat menyerap aspirasi dalam kegiatan reses I tahun persidangan 2021-2022 di Kabupaten Indramayu pada awal Desember 2021. //foto: ist//

INDRAMAYU – Minggu pertama di bulan Desember 2021, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat dari fraksi Partai Golkar, Hilal Hilmawan S.IP, M.IP,  banyak mengisi waktunya untuk kunjungan kerja dalam rangka Reses atau menyerap aspirasi masyarakat.  Reses I tahun persidangan 2021-2022 itu, dimanfaatkan untuk menyerap banyak aspirasi, diantaranya tentang pemberdayaan pemuda untuk mengurangi pengangguran dan aspirasi perbaikan infrastruktur untuk meningkatkan perkonomian dan kesejahteraan masyarakat. Baik itu perbaikan infrastruktur jalan desa maupun irigasi di area pesawahan di Wilayah Kabupaten Indramayu.

Dalam kunjungan kerja reses di wilayah Kabupaten Indramayu yang disambut antusias  oleh masyarakat desa itu, Hilal Hilmawan menyampaikan sebagai wakil rakyat yang asli dari Indramayu, dirinya akan terus berusaha maskimal untuk menyerap dan memperjuangkan aspirasi masyarakat di DPRD Jabar.

Hilal Hilmawan, S.IP, M.IP
 

Dijelaskan, sesuai dengan perundang-undangan, dirinya sebagai wakil rakyat,  melaksanakan kewajiban ke daerah pemilihannya (Indramayu dan Cirebon),  untuk menyerap aspirasi dari masyarakat atau konstiuen.

Hasil dari jaring aspirasi anggota dewan ini, akan saya bawa dalam sidang paripurna melalui fraksi, sebagai laporan untuk dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk rencana pembangunan di Jabar dalam RAPBD. Sebagai anggota DPRD Jabar, saya berkewajiban untuk melakukan kegiatan jaring aspirasi masyarakat ini, terutama di daerah pemilihan saya, salah satunya di Indramayu,” jelas Hilal.

Menurut Mas Hilal, sapaan akrab Hilal Hilmawan, dirinya telah melakukan kegiatan reses di  sejumlah desa di Kabupaten Indramayu. Politis muda yang duduk di komisi V DPRD Jabar ini, menyatakan, selama masa reses,  dirinya berusaha untuk semakin dekat secara psikologis dengan masyarakat di daerah pemilihannya, serta mampu memperjuangkan untuk terealisasi dalam pembangunan di daerahnya.

“Selama melaksanakan kegiatan reses ini, saya berusaha lebih dekat dengan konstituen, terutama di Indramayu. Dengan kedekatan ini, masyarakat akan mengalir menyampaikan aspirasinya,” tambahnya.


 

Selain itu, lanjut Mas Hilal, dirinya sebagai anggota DPRD Jabar yang lahir dan dibesarkan di Indramayu,  memiliki kewajiban untuk menyerap, menghimpun, menampung, dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat.. Peramasalahan umum seperti perbaikan infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya harus direspon positif untuk kemudian dibahas di tingkat fraksi, komisi maupun DPRD secara kelembagaan.

Saat kunjungan di salah satu desa di Kabupaten Indramayu, Hilal Hilmawan dibanjiri aspirasi masyarakat. Diantaranya aspirasi pentingnya pemberdayaan pemuda untuk mengurangi pengangguran yang meningkatkan di masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Pemberdayaan pemuda ini, membutuhkan peran dan dukungan dari pemerintah daerah.

Menanggapi aspirasi tentang pemberdayaan pemuda itu, Hilal Hilmawan  menampung, dan akan menyampaian, serta  memperjuangkannya di DPRD Jabar. Menurut Hilal sendiri, dalam mengurangi  pengangguran di usia muda, perlu adanya pemberdayaan pemuda dalam  berwirausaha maupun menumbuh kembangkan kreatifitas dalam meningkatkan perekonimian.. Sehingga Pemuda dapat memainkan peran penuh dalam pembangunan. Pemberdayaan pemuda dapat digunakan sebagai solusi untuk mengatasi masalah pengangguran kaum muda.Untuk mengatasi pengangguran, bisa dilakukan melalui pemberdayaan dalam bentuk program kewirausahaan dan lainnya.

Salah satu pemuda Indramayu, Lukman menyampaikan aspirasi, bahwa dirinya tertarik untuk mengembangkan  kewirausahaan, untuk mengurangi pengangguran. “Dalam berwirausaha di kalangan pemuda, untuk  mengatasi pengangguran, perlu untuk membangun kolaborasi antara pemerintah, lembaga keuangan, universitas, pusat pelatihan kerja dan pengusaha. Supaya pemberdayaan pemuda  dengan kewirausahaan ini, dapat berjalan dengan baik. Mohon pemerintah daerah bisa ikut memfasilitasi, baik permodalam maupun lainnya,” ujar Lukman.

Anggota DPRD Jabar Hilal Hilmawan 

Dalam kegiatan reses itu, Hilal Hilmawan juga banyak menerima aspirasi terkait pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang ada di desa-desa di kabupaten Indramayu. Terutama fasilitas umum, yang diharapkan masyarakat desa, sepert infrastruktur pendidikan, kesehatan dan fasilitas umum lainnya, seperti turap/ saluran air.

“Aspirasi terkait infrastruktur di desa-desa, akan saya sampaikan dan diperjuangkan di DPRD Jabar. Karena, Masalah yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat banyak ini,  tentu harus diprioritaskan. Terutama persoalan-persoalan yang sudah ditampung melalui kegiatan Reses I III Tahun Sidang 2021-2022 ini,” tegas Hilal. (mar)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

galeri