News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina Da'i Bahtiar Kunjungi Stand Festival Mangga dan UMKM Kecamatan Balongan

Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina Da'i Bahtiar Kunjungi Stand Festival Mangga dan UMKM Kecamatan Balongan

 


INDRAMAYU - Pemerintah Kabupaten Indramayu menggelar Festival Mangga dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) tahun 2021, Jumat-Sabtu,  (17-18/12/2021), bertempat di daerah wisata Water Boom Bojong Sari Sindang- Indramayu.

Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, SH., MH., C.R.A, dalam setiap kesempatan selalu menyampaikan keinginannya agar julukan "Kota Mangga" bagi Kabupaten Indramayu benar-benar terwujud.

"Sangat disayangkan sekali Indramayu dijuluki Kota Mangga, jika potensi yang dimiliki sangat besar ini tidak kita gali maksimal. Tentunya hal itu harus kita lakukan dengan kerja keras dari semua pihak, termasuk masyarakat, agar buah mangga Indramayu seperti, Gedung Gincu, Harum Manis, Cengkir, Bapang dan lainnya benar-benar harus dapat diolah, dikemas dan olahan itu menjadi siap saji. Sehingga dapat memperkenalkan seluruh produk olahan makanan dan minuman (kuliner) yang dibuat dari bahan dasar buah mangga hasil UMKM Indramayu dikenal lebih luas lagi", pinta Nina.

Disamping itu kata Nina Agustina, kegiatan ini jugadapat membantu pengenalan buah Mangga asal Indramayu untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Sehingga mempunyai pontensi ekspor ke luar negeri.

"Komoditi buah mangga asal Indramayu itu, bukan dari daerah Cirebon atau dari daerah Majalengka. Buah mangga Gedong Gincu, Arum Manis, Cengkir, asli dari Indramayu, bukan dari daerah lain", tegasnya.

Bupati Nina Agustina menambahkan, kegiatan ini selain pengenalan produk olahan makanan dan minuman (kuliner) berbahan dasar dari buah mangga, juga dalam kegiatan ini diadakan pemilihan Arjuna dan Srikandi Mangga. Pesertanya dari 31 Kecamatan pasangan muda-mudi. Yang terpilih sebagai Arjuna dan Srikandi Mangga, adalah mereka yang menguasai pengetahuan soal mangga dan nantinya akan dijadikan semacam duta Kabupaten Indramayu yang salah satu tugasnya adalah mempromosikan mangga Indramayu, ungkapnya.

Sementara Camat Balongan Iing Kuswara, S. STP, M.Si, didampingi Ketua TP PKK Kecamatan Balongan Ibu Sukma Citra Pertiwi, S. STP, saat ditemui awak media mengatakan,  alhamdulillah Bupati Indramayu Ibu Hj. Nina Agustina Da'i Bachtiar, telah mengunjungi stand festival mangga dan UMKM asal Kecamatan Balongan. Camat Iing Kuswara menjelaskan dihadapan Bupati Nina, stand yang diikut di pameran festival ini bagian dari program  Bupati Ibu Hj. Nina Agustina yaitu Indramayu Bermartabat (Bersih, Realigius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat) yakni program Pe-Ri (Perempuan Berdikari) dan Kruw-Cil (Kredit Usaha Kecil), program tersebut sangat efektip dalam pengembangan UMKM. Stand pameran 2021 semua hasil produk UMKM asal Desa di wilayah Kecamatan Balongan. Jenis kuliner hasil UMKM ini salah satunya adalah, Snack Sujati Kerupuk panggang rasa Jamur, Sujati Kripik Jamur, Bawang goreng, Kripik Ikan Uncet Kriuk dan Mutiara Instant Coklat isi Dodol mangga Indramayu.

"Semua produk UMKM asal Desa di wilayah Kecamatan Balongan, semua dikemas ke dalam plastik secara profesional", tuturnya. (Abdul Gani)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

galeri