News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

CAMAT BALONGAN IING KUSWARA LAKUKAN SILATURAHMI KE SEMUA ELEMEN MASYARAKAT

CAMAT BALONGAN IING KUSWARA LAKUKAN SILATURAHMI KE SEMUA ELEMEN MASYARAKAT

 


Demi Terwujudnya Indramayu Bermartabat

INDRAMAYU - Alih tugas sebagai Camat berusia seumur jagung (1 bulan-red), Camat Balongan, Iing Kuswara, S.STP didampingi Ketua TP-PKK Kecamatan Balongan, Sukma Citra Pertiwi, S.STP, rajin melakukan silaturahmi kesemua elemen masyarakat sebagai wujud rasa tanggung jawab sebagai Camat Balongan demi terwujudnya Indramayu Bermartabat.

Kali ini mengunjungi rumah warga, Ibu Iis dan Ibu Wiwi di desa Sukaurip Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu. Mereka mengembangkan budidaya jamur Tiram yang tergabung dalam Kelompok Sukaurip Jamur Tiram (Sujati).

"Budidaya Jamur Tiram Kelompok Sujati ini terus berkembang berkat dukungan Kilang Pertamina Internasional Unit RU VI Balongan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR)", kata Camat Iing Kuswara saat ditemui awak Media, Jumat (3/12/2021).

Dikatakannya budidaya jamur Tiram ini, memang memiliki prospek yang cukup bagus dan manfaatnya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menurunkan kolestrol, mencegah penyakit kanker dan meningkatkan daya tahan tubuh.

"Salah satu upaya yang dilakukan Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina Da'i Bachtiar dalam pemulihan ekonomi yaitu melalui program UMKM. Diharapkan mampu meningkatkan nilai jual olahan jamur Tiram, diolah menjadi pepes Jamur, Kerupuk dan Keripik Jamur", ungkapnya.

Sementara dalam kunjungan silaturahmi, Ketua TP PKK Kecamatan Balongan, Sukma Citra Pertiwi menambahkan,   sektor UMKM dapat 

memulihkan ekonomi berbasis kerakyatan. Selain itu, tujuan lain dari kunjungannya ke desa Sukaurip karena ingin lebih banyak lagi mengenal sentra UMKM yang ada di Kecamatan Balongan.

"Kami melihat secara langsung olahan budi daya jamur Tiram di desa Sukaurip.Semoga dengan adanya Kelompok UMKM ini, akan lebih mengangkat lagi produksi dalam daerah Kabupaten Indramayu, dimana dengan adanya usaha itu sangat membantu meningkatkan perekonomian warga sekitar dalam hal tersedianya lapangan kerja,"  jelasnya.

Seperti diketahui dengan adanya pandemi Covid-19 ini, banyak warga yang terdampak pandemi sehingga banyak pengangguran.

"Kedepannya kami berharap pihak terkait bisa membantu dengan memberikan pembinaan terus menerus maupun pelatihan agar dari sisi kualitas produksi atau pemasarannya bisa lebih meningkat lagi. Begitu pula dalam hal pemasarannya bisa lebih luas lagi,” tutupnya. (Abdul Gani)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

galeri