News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Camat Balongan Iing Kuswara Sosialisasi Buat Kartu Identitas Anak (KIA) yang Gratis

Camat Balongan Iing Kuswara Sosialisasi Buat Kartu Identitas Anak (KIA) yang Gratis


INDRAMAYU - Camat Balongan, Iing Kuswara, S.STP, M.Si lakukan sosialisasi pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA), cukup di kantor Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu, kata Camat Iing Kuswara saat ditemui awak media, Selasa (7/12/2021) di ruang kerjanya.

Dikatakannya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengeluarkan peraturan Nomor.2 tahun 2016 tentang KIA diterbitkan oleh pemerintah untuk pendataan, perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional. Oleh karena itu kata Camat Iing Kuswara, KIA sangat penting sebagai identitas anak-anak kita.

KIA adalah sebuah kartu identitas yang di peruntukan bagi anak di bawah umur 17 tahun yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). Fungsi KIA sama halnya dengan fungsi KTP pada orang dewasa dan KIA adalah KTP-nya anak-anak. KIA memuat semua identitas anak,  perbedaannya pada KIA tidak tertera kolom tanda tangan pemilik, dan tercantum nama orang tua anak, ungkapnya.

Sekarang telah dapat di buat di Kantor Kecamatan Balongan, demi terwujudnya Indramayu Bermartabat (Bersih, Realigius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat.

"Ayo buat KIA sekarang di Kantor Kecamatan Balongan, tidak dipungut biaya alias GRATIS", katanya.

Namun demikian kata Camat Iing Kuswara pembuatan KIA, dokumen yang diperlukan dan cara pembuatannya adalah; Dokumen yang harus di bawa adalah Foto Copy Akte Kelahiran anak, Kartu Keluarga (KK) dan Foto anak ukuran 3X4 sebanyak 1 lembar. 

Tatacara pembuatan KIA, datang langsung ke Kantor Kecamatan Balongan dengan membawa dokumen. Minta nomor antrian pada petugas dan sampaikan bahwa anda akan membuat KIA, tunjukan dokumen yang anda bawa, setelah dinyatakan lengkap, mengisi formulir lalu petugas memberikan nomor antrian, tunggulah nomor antrian, pas waktunya di panggil di loket pengurusan KIA mudahkan, tutupnya. (Abdul Gani)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

galeri