News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balongan Ajak Forkompimda Indramayu Memetik Panen Raya Buah Mangga Agrimania

Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balongan Ajak Forkompimda Indramayu Memetik Panen Raya Buah Mangga Agrimania

  


INDRAMAYU – Budidaya Mangga Agrimania di Komplek Perumahan Pertamina Bumi Patra Indramayu kian menunjukkan hasil positif dari waktu ke waktu. Capaian terbaru dari program CSR PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balongan ini yakni berhasil memberdayakan kelompok tani Wong Tanggul Ceblok (WTC) dalam membudidayakan mangga varietas baru dari Kabupaten Indramayu tersebut hingga panen raya.

Pada saat panen raya, PT KPI Unit Balongan turut mengundang Forkompimda Indramayu diantaranya Bupati Nina Agustina, Kapolres, Dandim 0616, Kepala Kejaksaan Negeri, hingga Kepala Pengadilan Negeri Indramayu memanen lebih dari  2 Ton mangga Agrimania bersama General Manager PT KPI Unit Balongan Diandoro Arifian, Kamis (2/12/2021).

Diandoro mengungkapkan, Budidaya Mangga Agrimania  di Mangoes Centre  ini merupakan salah satu program  unggulan CSR PT KPI Unit Balongan. Dikatakan Diandoro, kebun mangga Agrimania di Komplek Bumi Patra ini memiliki luas 4,5 hektar dengan jumlah pohon sebanyak 600 batang.

Dijelaskan Diandoro, kelompok tani yang diberdayakan ini memiliki latar belakang  beragam dan sudah menjadi kewajiban Pertamina untuk memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar wilayah operasional melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

“Ini bagian komitmen perusahaan kepada masyarakat sekitar dalam upaya membantu meningkatkan perekomomian melalui program pemberdayaan, pelatihan disertai pendampingan” ungkap Diandoro.

Diandoro menjelaskan, keseluruhan pohon mangga ini ditanam di lahan tidur milik Pertamina RU VI yang dijadikan sebagai lahan pelaksanaan program CSR kepada masyarakat. Meski demikian, hasil yang dapatkan dari panen tersebut menjadi pendapatan kelompok tani yang diberdayakan. Sehingga, sambung Diandoro, program pemberdayaan masyarakat ini juga turut mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) no 3 tentang upaya untuk mensejahterakan masyarakat seperti yang dicanangkan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Ditempat yang sama, Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, selain memetik langsung juga mencoba  daging buah mangga Agrimania. Bupati juga mengapresiasi langkah Pertamina RU VI Balongan dalam upaya membantu meningkatkan kesejahteraan warga melalui mangga Agrimania.

"Saya harap kedepan Mangga Agrimania ini bisa dikembangkan lagi di daerah-daerah di wilayah Indramayu", ungkap Nina.

Bupati Indramayu Nina Agustina juga menginginkan agar mangga Agrimania ini bisa turut dipamerkan pada Festival Mangga yang akan diadakan pada 10-11 Desember 2021 yang diadakan Pemkab Indramayu.

Sementara itu, perwakilan kelompok Tani WTC Erwin Wiguna, mengungkap rasa syukurnya karena program budidaya mangga yang berbobot mencapai 1 Kg tiap buahnya kini semakin memperlihatkan hasil yang meningkat sejak awal penanaman sekitar 3 tahun lalu.

“Pada panen perdana sekitar  tahun 2019 hanya ratusan kilo saja, tapi berkat perawatan yang maksimal dan pendampingan yang dilakukan kini hasilnya meningkat hingga sekali bisa panen lebih 2 Ton pada panen kali ini,  Alhamdulillah,” kata Erwin.

Ditingkat petani, harga jual mangga Agrimania berkisaran Rp 30-50 ribu, sedangkan  harga jual di Supermarket bisa diatas Rp 70 ribu tergantung ukuran buah. "Hasil panen mangga Agrimania dari CSR Pertamina RU VI ini sendiri belum mampu memenuhi seluruh permintaan pasar, sebab biasanya akan cepat habis dipesan para penggemar buah mangga sebelum masuk ke Supermarket," tutupnya. (Abdul Gani)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

galeri