News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pertamina Bekali 100 Pemuda Indramayu, Kompetensi Safetyman

Pertamina Bekali 100 Pemuda Indramayu, Kompetensi Safetyman

 


INDRAMAYU- Guna meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia di Kabupaten Indramayu, PT  Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit Balongan menggelar pelatihan Safetyman bagi 100 pemuda yang berdomisili di Ring 1 Kilang Balongan dan Indramayu . 

Pembukaan pelatihan safetyman ini dilaksanakan di Gedung Patra Ayu Perumahan Pertamina Bumi Patra, Jum’at (17/12/2021), yang dihadiri Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Asda II) Setda Indramayu Maman Kostaman, General Manager PT KPI Unit Balongan Diandoro Arifian, Ketua Umum SPPBB Tri Wahyudi, dan Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Indramayu Asep Kurniawan.

Seluruh peserta yang mengikuti pelatihan ini merupakan yang lolos seleksi seluruh tahapan yang dipersyaratkan, mulai dari pemberkasan, ujian tulis, wawancara, kesamaptaan, Psikologi, hingga tes kesehatan. Kegiatan pelatihan safetyman ini dilaksanakan menjadi dua gelombang, untuk batch 1 sendiri telah dilaksanakan pada 13-17 Desember 2021, sementara batch kedua akan dilaksanakan 20-24 Desember 2021.


GM PT KPI RU VI Balongan Diandoro dalam sambutannya menyampaikan, pelatihan safetyman ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pelaksanaan program CSR Perusahaan.


Disampaikan Diandoro, Safetyman merupakan pekerjaan penting di berbagai industri karena bertugas  menjaga dan mengawal kelancaran pekerjaan serta menjaga keselamatan pekerja. Sehingga, kata Diandoro, sudah menjadi kewajiban dalam setiap proyek yang memiliki risiko tinggi harus memiliki safetyman.


“Kebutuhan safetyman di RU VI sendiri terus meningkat karena beberapa project tengah dilaksanakan, seperta Turn Around (TA) pada awal tahun 2022 nanti”, kata GM.


GM berharap, melalui pelatihan safetyman ini para peserta bisa mendapatkan ilmu dengan keahlian khusus yang tersertifikasi sehingga nantinya bisa terserap di berbagai industri termasuk di proyek strategis yang dilaksanakan di Kilang Pertamina Balongan.


Kegiatan pelatihan safetyman yang digelar Refinery Unit VI Balongan turut mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Indramayu. Hal tersebut disampaikan Asda II Indramayu Maman Kostaman, yang hadir mewakili Bupati Indramayu Nina Agustina.


Dikatakan Maman, pelatihan safetyman ini merupakan kegiatan upskilling yang sangat penting karena merupakan kegiatan peningkatan skill masyarakat dengan keahlian khusus, sehingga lulusan dari pelatihan ini bisa langsung siap diserap disektor industri.


“Pesan Bupati, CSR yang dijalankan Pertamina ini adalah CSR yang bentuknya Produktif yakni bagaimana kita meningkatkan Sumber Daya Manusia yang Ada”, kata Maman.


Maman berharap, selain bekal keahlian di bidang safety, para peserta safetyman  juga harus memiliki attitude yang baik agar bisa diterima di seluruh kalangan dan mendapat kepercayaan di dunia kerja, tutupnya. ( Abdul Gani)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

galeri