News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tari Topeng Sanggar Seni Sabda Budaya dan Wayang Kulit Langen Budaya Meriahkan acara Sedekah Bumi Desa Bugis

Tari Topeng Sanggar Seni Sabda Budaya dan Wayang Kulit Langen Budaya Meriahkan acara Sedekah Bumi Desa Bugis

 


INDRAMAYU - Sedekah Bumi merupakan Tradisi dalam rangka ungkapan rasa syukur atas hasil panen sekaligus  menyambut datangnya Musim tanam padi,  yang secara turun - temurun  dilaksanakan  dari jaman nenek moyang kita terdahulu. Budaya sedekah bumi hingga saat ini masih terus dilestarikan oleh masyarakat Kabupaten Indramayu.

Salah satunya di Desa Bugis Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu, dibawah kepemimpinan kepala Desa atau Kuwu Johan Wahyudin yang menggelar sedekah bumi,  Minggu (12/12). Dalam acara sedekah bumi di desa Bugir itu, menghadirkan pagelaran Tari topeng dari Sanggar Seni Sabda Budaya yang dimiliki warga desa Bugis, dan pagelaran Wayang Kulit Langen Budaya dalang H. Anom Rusdi dengan Sinden Iti S.


Selain itu, sedekah bumi juga diwarnai Arak - arakan tumpeng hasil bumi masyarat petani Desa Bugis. Aneka kegiatan di acara sedekah bumi  desa Bugis mendapat apresiasi positif dari  Camat Anjatan, Rory Firmansyah.

Camat Anjatan Rory Firmansya yang hadir pada acara Sedekah bumi desa Bugis itu mengatakan,  tradisi sedekah bumi bukan hanya berbicara ungkapan rasa rasa syukur atas hasil panen yang didapat oleh para petani kepada yang maha pencipta, tetapi juga sebagai media silaturahmi masyarakat yang harus terus di pertahankan. “Selain ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, sedekah bumi ini dapat menjadi sarana silaturahmi warga,” ujar Camat Rory.

 

Lebih lanjut, Camat Rory Firmansya, mengatakan pihaknya mewakili Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina memberikan Apresiasi baik kepada Pemerintahan Desa Bugis juga masyarakat, yang sudah melaksanakan acara sedekah bumi.  “Karena Sedekah bumi merupakan Budaya atau tradisi peninggalan nenek moyang kita terdahulu yang harus terus dilestarikan,” jelasnya.

Hal senada dikatakan oleh Kepala Desa atau kuwu Bugis Johan Wahyudin melalui koordintor kegiatan Sedekah bumi, Suharto yang merupakan Lurah Desa Bugis. Kepada Kreator Jabar,   Suharto mengatakan, pihaknua  mengucapkan terima kasih kepada seluruh element masyarakat Desa Bugis yang telah bahu - membahu atau bersama - sama menyukseskan tersrlenggaranya acara sedekah bumi yang di selenggarakan Penerintahan Desa Bugis.

Alhamdulilah di acara sedekah bumi yang dilaksanakan oleh pemdes Bugis, selain menggelar hiburan pagelaran Wayang kulit Langen Budaya dengan dalang H. Anom Rusdi dan pesinden Iti S, juga arak - arakan Tumpeng Buah hasil bumi para petani. Sedekah bumi kali ini dimeriahkan juga dengan Tari Topeng Sabda budaya yang merupakan Kesenian tradisional Warga Desa Bugis yang patut di kembangan serta butuh perhatian oleh pihak terkait. Karena tari topeng juga merupakan kesenian yang sangat perlu dilestarikan juga," jelasnya. (A.Satori - Dewa / Warlan )

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

galeri