News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kuwu Patrol, Karnali. S.Ag Pimpin Gerakan Petani Gropyokan Tikus di Area Pertanian

Kuwu Patrol, Karnali. S.Ag Pimpin Gerakan Petani Gropyokan Tikus di Area Pertanian

 


PATROL - Tikus merupakan hama utama tanaman padi  atau  Oryza sativa L,  yang dapat menurunkan hasil produksi padi, dan menjadi permasalahan bagi para petani, tak terkecuali di wilayah kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu. Ancaman serangan hama tikus di area pertanian itu, menjadi perhatian serius oleh Pemerintahan desa (Pemdes) Patrol yang kini dipimpin kepala desa/Kuwu Karnali. S.Ag, untuk menggerakan perangkat desa bersama para petani untuk melaksanakan gerakan gropyokan tikus di area pesawahan desa Patrol, pada hari selasa (26/1/2022). Gropyokan tikus itu, melibatkan Pemerintah Kecamatan Patrol, UPTD Pertanian dan BPP kecamatan Patrol.

 Kuwu Desa Patrol, Karnali. S.Ag disela - sela kesibukannya memimpin gropyokan tikus,  kepada Kreator Jabar menjelaskan,  tikus sawah yang disebut rattus argentiventer, tinggal di pesawahan, dan mempunyai kemampuan berkembang biak sangat pesat. Oleh karena itu, dengan permasalahan tikus di musim tanam tahun 2022, pihak Pemdes Patrol bersama para petani melakukan kegiatan bersama dalam membasmi hama Tikus tersebut. 

“Kami selaku pemerintahan desa, bersama-sama dengan para petani,  mengadakan kegiatan geropyakan tikus di area pertanian blok kecepet. Gropyokan tikus ini melibatkan banyak pihak, seperti dari  Pemerintah Kecamatan Patrol, UPTD Pertanian, dan BPP yang di kecamatan Patrol,” ujarnya.

Karnali berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan Gropyokan hama tikus ini,  bisa sedikit meminimalisir serangan hama tikus terhadap tanaman padi atau palawija milik petani yang ada di wilayahnya. “Dengan gerakan grobyokan tikus ini, bisa mengantisipasi serangan hama yang mengancam kegagalan panen. Sehingga panen padi tetap terlaksana, dan hasil pertanian juga, bisa meningkat,” harapnya. (Warlan)

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.