News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PT PJB UBJ O&M PLTU Indramayu Support Gropyokan Tikus, Guna Mendukung Peningkatan Produksi Pertanian di Kecamatan Sukra

PT PJB UBJ O&M PLTU Indramayu Support Gropyokan Tikus, Guna Mendukung Peningkatan Produksi Pertanian di Kecamatan Sukra

 


INDRAMAYU - Pemerintahan Desa Karanglayung dan Desa Sumuradem, bersama kelompok tani,  UPTD Pertanian, dan PPL BPP Kecamatan Sukra, melaksanakan program gropyokan tikus secara massal, rabu (27/1/2022). Kegiatan gropyokan tikus yang digagas dan dilaksanakan oleh Pemdes Karanglayung yang dipimpin langsung Kepala Desa/Kuwu,  H.Kasmana. SH,  mendapatkan Support (dukungan positif) dari PT. PJB UBJ O&M PLTU Indramayu.

Gropyokan tikus massal yang akan dilaksanakan selama lima hari itu, bertepatan dengan musim tanam padi serentak, dan dibuka langsung oleh camat Sukra Dr. Dadang Rusyanto. M.Si. Pada kesempatan itu, hadir General Manager PT. PJB UBJ O&M PLTU Indramayu yang diwakili Okky Kusuma Nugraha (Sekretaris Umum dan CSR), Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Sukra DR. Misna Budiawanto, dan  PPL BPP Kecamatan Sukra, Ahmad. 

 

Camat Sukra, Dr. Dadang Rusyanto didampingi Kuwu Desa Karanglayung, H. kepada Kreator Jabar disela - sela kegiatan Gropyokan tikus mengatakan, Indramayu merupakan salah satu daerah lumbung padi di Provinsi Jawa Barat,  yang mampu membantu ketahanan pangan nasional.  Dengan diadakannya kegiatan gropyokan tikus  secara massal itu,  diharapkan dapat menghilangkan hama perusak tanaman padi. “Supaya hasil pertanian menjadi bagus. Dengan hilangnya hama perusak tanaman padi ini, maka hasil pertanian tentang baik, dan Indramayu tetap sebagai lumbung padi secara nasional,” ujarnya.


 

Camat Dadang menambahkan, pihaknya berharap kerja sama dalam kemajuan pertanian dan lainnya, tetap terbangun dengan baik. Setiap program pembangunan di kecamatan Sukra, perlu ditingkatkan,  demi kemajuan daerah.

Di kesempatan yang sama, General Manager PT. PJB UBJ O&M PLTU Indramayu melalui Sekretaris Umum dan CSR Okky Kusuma Nugraha mengatakan, dengan keberadaan  perusahaan di desa Sumuradem Kecamatan Sukra, maka pihaknya memprioritaskan support / dukungan untuk suksesnya program yang ada di desa penyangga perusahaan. Salah satunya, memberikan dukungan untuk sukseskan kegiatan gropyokan tikus, demi meningkatakan produksi pertanian.

 

Dukungan perusahaan kami terhadap kegiatan gropyokan tikus  yang dilaksanakan pemerintah desa dan kelompok tani dari desa Karanglayung dan desa Sumuradem ini, merupakan upaya turut serta dalam mensukseskan ketahanan pangan Nasional. Apalagi kabupaten Indramayu sendiri, merupakan wilayah yang menyandang Perdikat sebagai wilayah lubung padi di Jawa Barat,” ujarnya.

Masih kata Okky,  kegiatan gropyokan tikus juga, termasuk upaya menyelamatkan tanam padi  dari serangan hama tanaman pagi, yang menimbulkan ancaman gagal panen. “Kami berharap, dengan dilaksanakannya kegian gropyokan tikus ini, para petani yang ada bisa menghasilkan produksi atau panen padi yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Sehingga dengan hasil panen yang memuaskan, mampu mensejahteraan para petani, khususnya petani di wiayah kecamatan sukra,” harap Okky. (A.Satori - Dewa / Warlan)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.