News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Disbudpar Kabupaten Cirebon Promosikan Pertunjukan Wayang Kulit Berdurasi Singkat

Disbudpar Kabupaten Cirebon Promosikan Pertunjukan Wayang Kulit Berdurasi Singkat

 


CIREBON-Dinas  Kebudayaan dan Pariwisata menggelar pertunjukan singkat Wayang Kulit  keliling (Wakeling) pada Senin(21/3/2022). Bertempat di halaman Kantor Disbudpar, pertunjukan wayat kulit itu mendapat sambutan positif masyarakat.

Kabid Disbudpar Kabupaten Cirebon, A Mughni, menjelaskan, digelarnya pertunjukan wayang kulit itu, bertujuan untuk mempromosikan seni budaya daerah, sekaligus memberikan edukasi (pendidikan) kepada masyarakat kabupaten Cirebon.

“Kami berharap kepada masyarakat Cirebon, dengan adanya pertunjukan wayang kulit ini, bisa lebih mencintai dan melestarikan seni budaya daerah. Karena seni budaya wayang kulit sendiri, sudah lama dan merupakan warisan para leluhur kita,” ujarnya.

Pagelaran wayang kulit itu, diharapkan dapat di jadikan ajang memperkenalkan kesenian tradisonal daerah. Disebutkan, pertunjukan wayang kulit tidak harus semalam suntuk, tapi bias juga digelar dengan  berdurasi singkat, dengan batasan waktu.Yang penting, cerita atau lakon wayang kulit, bisa tersampaikan kepada masyarakat," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, Disbudpar Kabupaten Cirebon, yang menaungi budaya dan pariwisata, akan selalu siap untuk menampilkan kebudayaan yang ada di Cirebon. Salah satunya adalah wayang kulit.

“Bukan wayang kulit saja yang di tampilkan oleh Disbudpar, tapi juga seni budaya lainnya, seperti tari topeng, sintren dan banyak lagi kebudayaan yang ada di. Kabupaten Cirebon. Tergantung permintaan masyarakat," tambah A.Mughni.

Dengan adanya pagelaran seni  budaya tradisonal daerah itu, maka pihak Disbudpar berharap kepada genarasi muda, maupun anak cucu, bisa melestarikannya. (juli)

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.