News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gugus Plamboyan dan Gugus Melati Gelar Lomba OSN SD Tingkat Kecamatan Balongan

Gugus Plamboyan dan Gugus Melati Gelar Lomba OSN SD Tingkat Kecamatan Balongan

 


INDRAMAYU -  Sekolah Dasar (SD) di wilayah Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu, mengikuti uji kemampuan dalam lomba Calistung (Membaca, Menulis dan Menghitung) untuk Kelas 1, 2 dan 3, sedangkan lomba Mipa (Matematika dan Ipa) untuk Kelas 5. Kegiatan ini merupakan ajang OSN (Olimpiade Sains Nasionl) tahun 2022. Pelaksanaan lomba tersebut dipromotori oleh Ketua Gugus Plamboyan dan Gugus Melati. Adapun untuk penilaian lomba langsung dinilai oleh 3 orang juri perwakilan guru dari mading-mading gugus pengajar siswa yaitu, Erni Heriningsih, S.Pd., M.Pd, Suherni, S.Pd, Nining Widyaningsih, S.Pd, bertempat di Kantor KWKBP (Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan) Kecamatan Balongan, Rabu(30/3/2022), ucap Supriyadi, S.Pd selaku Ketua Gugus Plamboyan.

Supriyadi menjelaskan tujuan kegiatan OSN ini, merupakan usaha untuk menampilkan hasil belajar mengajar, sekaligus menumbuhkan semangat berkompetisi antar pelajar serta tradisi berprestasi baik di tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, tingkat nasional maupun level Internasional, ungkapnya.

Sementara Ketua Gugus Melati Maskat, S.Pd., M.Si menyampaikan hasil uji kemampun dalam lomba Calistung maupun hasil lomba Mipa. Berdasarkan hasil penilaian dari 3 orang juri sebagai berikut :

Pemenang peringkat 1 (Satu) lomba Matematika diraih oleh siswa Syafarina Cantika (SDN 1 Tegalsumbadra), perinkat 2 (Dua) Putri Nesya (SDN 1 Sukaurip), peringkat 3 (Tiga) Raja Mughni (SDN 2 Majakerta) dan peringkat 4 (Empat) diraih oleh Galih Fauzi (SDN 2 Sudimampir Lor).

Lanjut Maskat, untuk peraih peringkat 1(Satu) lomba Ipa diraih oleh Azky Mauliditsani (SDN 1 Sudimampir), peringkat 2 (Dua) Muhammad Irfan (SDN 2 Sukaurip), peringkat 3 (Tiga) Iyuri Dea Sahara (SDN 3 Balongan) dan peringkat 4 (Empat) diraih oleh Atasya Bayu Putri (SDN 2 Tegalurung). 

Untuk pemenang lomba Calistung kata Maskat, kelas I  pemenang peringkat 1 (Satu) diraih oleh Qrisya Almira Balqis (SDN 2 Sukaurip), peringkat 2 (Dua) Royyan Gavia Purnama (SD Al-Islah), peringkat 3 (Tiga) Uswatun Hasanah (SDN Rawadalem) dan peringkat 4 (Empat)  Cindy NP ( SDN 1 Balongan). Untuk kelas II peringkat 1 (Satu) Syifa Qalesa Putri (SDN 2 Sukaurip), peringkat 2 (Dua) Molayla (SDN 1 Sukaurip), peringkat 3 (Tiga) Kalila Rifda (SDN 1 Sudimampir) dan peringkat 4 (Empat) Arlin (SDN 1 Majakerta). Untuk kelas III peringkat 1 (Satu) Chelsea  Laura (SDN 2 Sukaurip), peringkat 2 (Dua) Fesal (SDN 2 Sudimampir Lor), peringkat 3 (Tiga) Haikal AR (SDN Rawadalem) dan pemenang peringkat 4 (Empat) diraih oleh Azhar Afni (SDN 1 Sukaurip), tuturnya. Maskat secara tegas mengatakan, hasil keputusan dewan juri ini tidak bisa diganggu gugat, penilaian tersebut dianggap sah dan final di tingkat Kecmatan Balongan.

"Juara 1 dari mata lomba dan tingkatan diraih oleh UPTD SDN 2 Sukaurip, kecuali Matematika juara 1 diraih oleh UPTD SDN 1 Tegalsumbadra. Calistung Kelas 1, 2, 3, dan IPA diraih oleh UPTD SDN 2 Sukaurip", ungkapnya.

Ditempat lain, siswa SDN 1 Tegalsumbadra bernama Syafarina Cantika, mengharumkan nama sekolahnya. Pasalnya, siswa ini juara pertama Matematika pada ajang OSN SD Tingkat Kecamatan Balongan.

"Alhamdulillah siswa bernama Syafarina Cantika, meraih juara 1 lomba Matematika pada ajang OSN tingkat Kecamatan Balongan,” kata Yahya S.Pd.I Kepala Sekolah SDN 1 Tegalsumbadra saat dihubungi awak media, usai kegiatan OSN.

Dia menyampaikan bahwa prestasi yang diraih siswanya begitu sangat membanggakan karena bisa membuat harum nama sekolah, guru dan keluarganya.

"Siswa kami ini jika ada kegiatan yang diikuti selalu mendapat juara satu. Maka terbuktilah dengan meraih juara pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD tingkat kecamatan Balongan,” katanya.

Dengan prestasi yang diperoleh anak didiknya, maka pihak sekolah akan memberikan sebuah penghargaan sebagai bentuk apresiasi.

Syafarina Cantika berharap dengan adanya kegiatan tersebut, bakat para siswa lebih ditingkatkan lagi dan semoga bisa lagi maju ke tingkat Kabupaten dan seterusnya, harapnya. (Abdul Gani)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.