News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemdes Tegaltaman Gelar Tradisi Mapag Sri Menyambut Panen Padi tahun 2022

Pemdes Tegaltaman Gelar Tradisi Mapag Sri Menyambut Panen Padi tahun 2022

 


INDRAMAYU - Menyambut datangnya musim panen padi tahun 2022, Pemerintahan Desa (Pemdes) Tegaltaman dibawah kepemimpinan Kuwu Makrus Hadi Prayitno menggelar tradisi Mapag Sri,  Sabtu (26/3/2022) di halaman kantor halaman kantor desa setempat. Tradisi Mapag Sri kali ini diisi dengan pagelaran  Wayang Kulit dari Langen Kusuma Putra.

Hadir pada acara itu, Camat Sukra Dadang Rusyanto, kapolsek Sukra  Rudi Hartono, dan Ketua Aksi Kecamatan Sukra Dedi Gunawan.

Makrus Hadi Prayitno, Kuwu  Tegaltaman kepada  Kreator Jabar mengatakan, Mapag Sri merupakan budaya atau trasisi peninggalan nenek moyang kita terdahulu yang sampai saat ini turun - temurun masih dilestarikan oleh masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Indrmayu.

"Mapag Sri ini sebagai kegiatan atau ritual dalam menyambut datangnya musim padi oleh para petani," ujarnya.

Lebih lanjut Makrus menjelaskan, kegiatan Mapag Sri yang dilaksanakan hari sabtu (26/3/2022) dengan pagelaran wayang kulit Langen Kusuma Putra dengan dalang Anom Rusmanto,  merupakan acara menyambut musim panen padi sekaligus ritual wujud syukur kepada sang kholik atas hasil bumi (Padi) yang diperoleh oleh para petani desa Tegaltaman.

"Kami selaku pemerintahan desa Tegaltaman akan terus melestarikan dan mengagendakan budaya peninggalan nenek moyang kita terdahulu. Seperti  Mapag Sri, sedekah bumi dan Ngunjung," jelasnya. (Warlan)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.