News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dengan Program Ja-Ket, Disdik Indramayu Mampu meningkatkan Capaian RLS hingga 6.52 Tahun

Dengan Program Ja-Ket, Disdik Indramayu Mampu meningkatkan Capaian RLS hingga 6.52 Tahun

 


INDRAMAYU - Upaya pemirintah daerah Kabupaten Indramayu dalam mendongkrat Indek Pembangunan Manusia (IPM) telah meluncurkan Program Kejar Paket (Ja-ket). Program Ja-Ket tersebut merupakan salah satu program dari 10 program unggulan Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina. SH.,MH., C.R.A , yang kini telah berhasil memberikan peningkatan yang segnifikan  terhadap capaian Rat -rata Lama Sekolah (RLS) di tahun 2021.

Hal tersebut di sampaikan oleh H. Caridin, Plt kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu kepada Kreator Jabar, Kamis (21/4/2022) diruang kerjanya. Menurutnya, peningkatan Rata -rata Lama Sekolah (RLS) di tahun 2022  mencapai 6,52 tahun tersebut telah tercatat di Badan Pusat Statistik Kabupaten Indramayu. Dari data Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yang mana pada tahun 2020 RLS 6,30 tahun dan di tahun 2019 tercatat hanya 5,99 tahun.  "Sehingga di tahun  2021 RLS di Kabupaten Indramayu, pencapaiannya  melebihi target yang kami tetapkan, "ujarnya.

Lebih Lanjut H. Caridin menjelaskan, dengan capaian RLS ditahun 2021 yang sangat segnifikan tersebut, merupakan salah satu upaya yang dilakukan jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, dengan ditunjang oleh Program Kejar Paket (Ja-ket)  yang merupakan salah satu Program Unggulan Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina. SH. MH., C.R.A.Progran Ja-Ket terus digenjot oleh Jajaranya, yaitu dengan melakukan upaya pembenahan adminitrasi di masyarakat serta terus berkordinasi dengan pemerintahan desa, Pemerintah Kecamatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) serta Badan Pusat Statistik Kabupaten Indramayu. 

Dengan Pencapaian RLS di tahun 2021 tersebut dapat dibuktikan dengan jumlah kelulusan Warga belajar yang mengikuti Program Kejar Paket yang tiap tahunnya  1.200 warga belajar Kejar Paket C setara SMA dan 1.800 warga belajar Kejar Paket B setara SMP. 

"Di tahun 2022 ini, target kami di angka 6.70. Dengan upaya akan terus melakukan  usaha meningkatkan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya pendidikan melaluli sosialisasi , serta menekan angka drop out sekolah," Jelasnya. (Dewa)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.