News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Desa Tegalurung Wakili Kecamatan Balongan Dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten

Desa Tegalurung Wakili Kecamatan Balongan Dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten

 


Mewujudkan Pemerintahan Desa Tegalurung Yang Ragem dan Terwujudnya Indramayu Bermartabat

INDRAMAYU - Desa Tegalurung mewakili Kecamatan Balongan mengikuti lomba Desa tingkat Kabupaten Indramayu Jawa Barat, Kamis (19/5/2022).

Kuwu Desa Tegalurung Abdullah saat memberikan ekspose di hadapan 7 orang tim penilai lomba Desa tingkat Kabupaten memaparkan, Pemerintahan Desa (Pemdes) Tegalurung memiliki Visi dan Misi "RAGEM" : Religius, Amanah, Gesit, Edukatif dan Mengayomi. Untuk mewujudkan program kerja itu harus didasari dengan kerja keras, ihklas dan profesionalitas dari seluruh perangkat desa didorong dengan semangat gotong royong mewujudkan capaian kinerja Pemdes Tegalurung yang transparan dan amanah.

"Mewujudkan Visi dan Misi tersebut membutuhkan peran serta dari seluruh elemen masyarakat Tegalurung, tanpa ada dukungan dari semua pihak maka pembangunan akan berjalan kurang maksimal", tuturnya.

Abdullah menjelaskan tentang geografis Desa Tegalurung memiliki luas wilayah 282.509 hektar (tanah darat, tanah sawah dan tanah tambak/ empang), dengan jumlah penduduk 5.280 dari 1.560  Kepala Keluarga.

"Melaksanakan pembangunan di Desa Tegalurung selalu mengimbangi dan merujuk ke 10 program unggulan Bupati Indramayu Ibu Hj. Nina Agustina yaitu Indramayu Bermartabat : Bersih, Relegius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat", ucapnya.

Ditempat yang sama Kuwu Abdullah menjelaskan, jabatan Kuwu merupakan amanah atau kepercayaan dari masyarakat. Amanah itu merupakan tanggung jawab untuk memimpin dan mengaplikasikan program pembangunan disegala bidang demi terwujudnya kehidupan masyarakat Tegalurung kedepan lebih baik dan lebih sejahtera. 

Oleh karena itu kata Kuwu Abdullah, dalam managemen Pemdes Tegalurung harus dikelola dengan baik guna mencapai tujuan yang lebih baik.

Dikatakannya, Pemerintahan Desa menghadapi tantangan yang jauh lebih besar dari masa sebelumnya, terutama dengan era komunikasi informasi yang bergulir saat ini yaitu era digitalisasi. Pemdes harus mampu beradaftasi dengan era digitalisasi saat ini, yang benar-benar efektif nenghadapi perubahan-perubahan yang terjadi saat ini dan mampu menghasilkan pelayanan terhadap masyarakat secara prima.

"Kantor Pemdes tempat bekerja harus representatif guna menunjang proses pelayanan terhadap masyarakat yang berkualitas harus didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai", kata Aab panggilan sehari-hari Kuwu Abdullah.

Camat Balongan Iing Koswara menjelaskan, dipilihnya pemdes Tegalurung mewakili dari 10 Desa di wilayah Kecamatan Balongan merupakan penilaian dari Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Balongan. Pemdes Tegalurung memiliki kantor Desa yang representatif, bersih dan nyaman, ucap Camat Balongan Iing Koswara saat memberikan sambutan dalam pembukaan acara lomba Desa, Kamis (19/5/2022).

Iing Koswara menjelaskan, penilaian dari Pemcam Balongan bahwa Pemdes Tegalurung layak sebagai kandidat untuk mengikuti lomba desa tingkat Kabupaten Indramayu Jawa Barat tahun 2022 karena memiliki keunggulan dibandingkan dengan desa-desa yang lain.

Diantaranya, Kuwu desa Tegalurung memiliki integritas dan etos kerja yang tinggi disertai perangkat desanya yang ragem dan solid sesuai Visi dan Misi Desa Tegalurung yaitu "RAGEM" terhadap masyarakatnya.

Disamping itu, Pemdes Tegalurung dibantu oleh unsur kelembagaan di desa Tegalurung (BPD, LPM, BUMDes, TP-PKK, RT/RW, Karangtaruna dsb) selalu mensuport dan menunjang dalam membangun desa di segala bidang agar kedepan lebih baik dan lebih sejahtera masyarakatnya.

Pemdes Tegalurung memiliki data dan dokumen penyelenggaraan Desa Tegalurung yang tersusun rapih dan tersimpan dalam bentuk file/folder di komputer. 

Adapun prestasi sementara yang sudah diperoleh Pemdes Tegalurung salah satunya adalah, mendapatkan bantuan Mobil MASKARA yang merupakan manifestasi semangat, kekompakan dan kerageman dari seluruh elemen masyarakat desa Tegalurung dalam mewujudkan perubahan ke arah yang lebih baik lagi menuju Indramayu Bermartabat. Disamping itu melalui TP - PKK Desa Tegalurung yang anggotanya aktif dan kompak, dapat meraih peringkat ke 2 tingkat Kabupaten Indramayu dalam penilaian lomba

TOGA (Tanaman Obat Keluarga)

"Pemdes Tegalurung memiliki rencana pembangunan desa kedepan yang jelas, seperti Pojok Literasi, Desa  Restoratif Justice, Gapura batas desa, Pengelolaan limbah menjadi pupuk organik, Pemilihan sampah botol plastik dan Normalisasi selokan/parit", terangnya.

Sementara itu, rombongan 7 orang tim penilai lomba Desa (Ibu Hj. Tati Rahmawati dari DPMD selaku Ketua, adapun anggotanya, Ibu Sismi dari DPMD, Juwanda dari Dinkes, Husen dari BPBD, Paiman dari Disdik, dr. Setiawati dari TP-PKK dan Tamjid dari Dispariwisata).

Ketua tim penilai lomba Desa tingkat Kabupaten Indramayu, Tati Rahmawati menjelaskan, kedatangan kami disini untuk mengevaluasi proses pembangunan di Desa Tegalurung. Dalam evaluasi ini kami ingin memastikan kesesuaian dan kebenaran antara yang ada di laporan dengan fakta yang ada di lapangan, demi terwujudnya Indramayu Bermartabat.

Program lomba Desa ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 Tahun 2017, jadi lomba desa ini merupakan agenda nasional yang dilaksanakan setiap tahun. Menurutnya, penilaian para peserta lomba desa dari 31 desa di wilayah Kabupaten Indramayu akan berakhir tanggal 27 Mei 2022 mendatang dan putusan pemenang juara 1, 2 dan 3 pada awal bulan Juni 2022.

Adapun penilaian dalam lomba desa ada tiga indikator diantaranya, yang pertama bidang pemerintah meliputi pemerintahan, kinerja, kreativitas, pemberdayaan, teknologi informatika dan pelestarian budaya. Kedua bidang kewilayahan meliputi identitas, batas, inovasi, tanggap siaga bencana, dan pengaturan investasi. Ketiga di bidang kemasyarakatan meliputi, partisipasi masyarakat, lembaga masyarakat, pemberdayaan, keamanan, pendidikan, ekonomi, kesehatan, penanggulangan kemiskinan, menurunkan angka Stunting dan peningkatan kapasitas masyarakat.

"Dalam lomba desa ini ada tiga indikator yang dinilai, pertama bidang pemerintah, kedua bidang Kewilayahan, ketiga bidang  kemasyarakatan," ujar Tati Rahmawati.

Proses acara ceremonial pembukaan lomba dan kedatangan tim penilai lomba desa disambut dengan pengalungan selendang batik oleh Ketua TP PKK Kecamatan dan Ketua TP PKK desa dan diiringi dengan tarian Topeng Selangit oleh siswa SMPN I Balongan untuk menyambut kedatangan tim penilai.

Kegiatan penilaian lomba desa dimulai pada pukul 13.30 siang, setelah pembukaan dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dipandu oleh pengurus TP PKK Desa Tegalurung Noorlina Yuniarti, Sekapur Sirih dari Camat Balongan, ekspose dari Kuwu Desa Tegalurung berjalan lancar dan penuh hikmat. Peserta yang hadir terdiri dari tim Ketua TP PKK Kecamatan Balongan Ibu Sukma Citra Pertiwi beserta pengurusnyanya, Pemcam Balongan, Ketua TP PKK Desa Tegalurung Neng Juariyah beserta pengurusnya, BPD, MUI Desa, Perangkat Desa, LPM, Karangtaruna, Kader Posyandu, RT/RW dan Perwakilan dari Lembaga Kemasyarakatan yang ada di desa. (Abdul Gani/adv)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.