News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PUAN MAHARANI DAN MOMENTUM PILPRES 2024.

PUAN MAHARANI DAN MOMENTUM PILPRES 2024.

 


Oleh.  : H. Adlan Daie

Wakil Sekretaris NU Jawa Barat (2010-2021).


Kontestasi Pilpres  2024 adalah momentum yang tepat bagi kematangan politik Puan Maharani untuk diusung menjadi calon Presiden dari PDI Perjuangan. Partai pemenang pemilu yang dipimpin Megawati Soekarno Puteri - ibunda Puan - di mana Puan telah melewati jenjang pengkaderan politik  di level struktural partai secara spartan dan penugasan di level politik kenegaraan mulai menjadi ketua fraksi PDI Perjuangan di DPR RI, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dalam kabinet kerja Jokowi hingga kini menjadi ketua DPR.RI.

Dari sisi kriteria dan kualifikasi capres  sebagaimana dikemukakan Hasto.Kristiyanto,  sekjend PDI Perjuangan, yakni tokoh yang mewakili representasi ideologis PDI Perjuangan dan telah berkeliling ke seluruh wilayah Indonesia Puan jelas "paling" memenuhi kriteria dan kualifikasi di atas dari seluruh kader PDI Perjuangan. Puan bukan saja ketua DPR RI dari representasi politik PDI Perjuangan lebih dari itu Puan adalah "trah" dari jangkar ideologi politik kebangsaan Bung Karno, kakek Puan yang kini diemban oleh ibundanya, Megawati Soekarno Puteri, ketua umum PDI Perjuangan.

Dalam perspektif di atas pengamat politik Hendri Satrio, dosen Universitas Paramadina menilai Puan merupakan pilihan paling rasional bagi PDI Perjuangan untuk diusung sebagai capres dalam kontestasi pilpres 2024. Ia menggarisbawahi bahwa mengusung Puan bukan semata mata kualitas dan prestasi yang ada pada dirinya melainkan faktor sejarah bangsa. 



"Dalam hal ini ada urusan sejarah yang diperjuangkan PDI Perjuangan bila mendorong Puan menjadi presiden, yakni faktor sejarah Bung Karno, kakek Puan",  ujar Hendri Satrio, pendiri "KedaiKopi",  kelompok diskusi opini publik (Harian Haluan, 23/7/2024)



Memang capaian karier politik Puan sulit dipisahkan dari nama besar kakeknya, Soekarno dan bunda nya, Megawati Soekarnoputeri. Itulah takdir politik Puan yang tak dapat dihindarkan. Akan tetapi di sisi lain justru karena berproses dalam lingkungan keluarga politik itu pula Puan lahir, tumbuh dan besar dapat menyaksikan peristiwa politik dari dekat hingga membentuk gestur dan ketangguhan daya juang politiknya. Mengasah minat dan ketekunannya berjuang di jalan politik secara berjenjang dan tidak instan.



Karena itulah, dari berbagai sudut pandang dan perspektif politik baik rekam jejak, pengalaman dan kompetensi politiik di level infrastruktur maupun supra struktur politik serta garis ideologi partai pilpres 2024 adalah momentum yang tepat bagi PDI Perjuangan untuk mengusung Puan sebagai calon Presiden. Dengan kata lain inilah saatnya Puan tampil  dalam kontestasi pilpres 2024.mewakili representasi politik kebangsaan PDI Perjuangan.



Basis representasi politik Puan yang kokoh di akar rumput dan daya topang infrastruktur politik PDI Perjuangan yang mengusungnya perlahan tapi pasti akan menjawab "keraguan" lembaga survey yang selalu menempatkan Puan di posisi tidak "marketable" secara elektoral. Trend survey tidak bersifat statis melainkan dinamis tergantung kerja kerja politik partai dan cimestry dengan mitra koalisi partainya. 



Berkali kali kontestasi politik elektoral di Indonesia hasilnya selalu menjungkir balikkan peta elektoral.hasil survey. Kasus regional Jawa  Tengah di mana Ganjar Pranowo dulu tahun 2013 dengan modal elektoral  hanya 3% mampu menaklukkan Bibit Waluyo petahana gubernur Jawa tengah dengan kerja kerja politik "gotong royong" ala PDI Perjuangan.



Dengan demikian kontestasi pilpres 2024 dalam konteks Puan bukan kontestasi politik biasa melainkan spiritnya adalah meletakkan Puan sebagai pewaris jangkar politik kebangsaan PDI Perjuangan yang diwarisi dari kakeknya Bung Karno dan ibundanya, Megawati Soekarno Puteri.



Kesanalah arah perjuangan menjadikan Puan sebagai Presiden RI di letakkan oleh PDI Perjuangan dalam kontestasi Pilpres 2024.



Wassalam.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.