News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Yati Mulyati,M.Pd., Guru Penggerak Sebagai “Booster Mutu” Pendidikan Menuju SASIParipurna!

Yati Mulyati,M.Pd., Guru Penggerak Sebagai “Booster Mutu” Pendidikan Menuju SASIParipurna!

Jawa Barat - Pendidikan Indonesia di saat ini menghadapi tantangan yang berat. Pendidikan Indonesia diharapkan menghasilkan output yang ideal guna menjawab tantangan jaman, yaitu kemajuan teknologi dan daya saing antar bangsa yang semakin mengglobal. Tak heran jika Presiden  Presiden RI memiliki visi yakni bertujuan mewujudkan Indonesia maju, berdaulat, dan berkepribadian melahirkan pelajar Pancasila yang kritis, kreatif, mandiri beriman kepada Tuhan YME serta berkompetensi global. 

Sejalan dengan visi Presiden Jokowi, Mendikbud RI, Nadiem Makarim menggulirkan program guru penggerak, yang tujuannya diharapkan bahwa Guru penggerak diharapkan menjadi pemimpin- pemimpin pendidikan di masa depan yang mewujudkan generasi unggul Indonesia. Lebih jauh lagi dijelaskan bahwa Guru penggerak memiliki peran yang penting yaitu: 1) Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya; 2) Menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah; 3) Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah: 4) Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran; dan 5) Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah. 

Sementara itu, SMA Negeri 1 Sindang Kabupaten Indramayu provinsi Jawa Barat, dibawah koordinasi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, turut bersinergi dan melibatkan diri dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan, khususnya di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Jawa Barat. SMA Negeri 1 Sindang, sebagai salah satu SMA Negeri di Kabupaten Indramayu memiliki keunggulan-keunggulan mutu yang selalu dijaga dan ditingkatan dari waktu ke waktu. Di bawah kepemimpinan Setyo Adisapto, S.Pd.,M.M., SMA Negeri 1 Sindang berkomitmen untuk membangun mutu pendidikan, baik itu mutu perencanaan, mutu pelaksanaan dan mutu output serta outcome. Semangat tersebut tertuang dalam Visi SASIParipurna, yaitu Pelayanan Pendidikan SMAN 1 Sindang harus bermutu baik: Profesional, Bijak dan Terukur.

Sebagai wujud sinergitas peningkatan mutu layanan pendidikan, SMAN 1 Sindang berhasil mengikutsertakan salah satu gurunya sebagai peserta Pendidikan Guru Penggerak (PGP) yaitu Yati Mulyati,M.Pd. Bu Yati, sapaan akrabnya, merupakan salah seorang guru yang mampu merepresentasikan konsep Program Guru Penggerak yang telah dicanangkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Sebagaimana diungkapkan oleh Nadiem Makarim, Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila. Profil Guru Penggerak tersebut telah mampu dikuasai oleh Yati Mulyati, M.Pd., Beliau memiliki kompetensi yang mumpuni sebagai seorang pendidik, selain itu juga dikenal cekatan dalam bertugas, serta memiliki kedisiplinan yang tinggi. Lulusan pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI ini berhasil lolos seleksi calon Guru Penggerak Angkatan 4, tahun 2021 dan telah sedang menyelesaikan program tersebut. Dengan kemampuan yang dimiliki tersebut, tak heran bila dia (Yati Mulyati, M.Pd) didapuk menggawangi bidang kurikulum SMAN 1 Sindang semenjak tahun pelajaran 2021/2022. Bahkan sebelum itupun beliau sudah berpengalaman diberbagai bidang, seperti Asisten Kurikulum, Asisten bidang Kesiswaan, dan Pembina OSIS. Selain dikenal aktif dalam bertugas, Ibu Yati ini juga dikenal disiplin, beliau selalu hadir lebih pagi dari yang lain, demikian komentar rekan sejawatnya di SMAN 1 Sindang.

Sebagai seorang Guru Penggerak, kecakapan Bu Yati sangat dibutuhkan sebagai “Booster Mutu” atau penguat bagi sekolah dalam meningkatkan kualitas Mutu layanan pendidikan menuju SMAN 1 Sindang yang Paripurna, demikian pernyataan penutup Kepala SMAN 1 Sindang, Setyo Adisapto, S.Pd.,M.M. (HG)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.