News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Anggota DPRD Provinsi Jabar Hilal Hilmawan, S. Ip,. M. Ip Kembali Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan, untuk Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Dalam Berbangsa dan Bernegara

Anggota DPRD Provinsi Jabar Hilal Hilmawan, S. Ip,. M. Ip Kembali Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan, untuk Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Dalam Berbangsa dan Bernegara


INDRAMAYU Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, Dapil XII (Kab. Cirebon, Kota  Cirebon dan Kab. Indramayu), Hilal Hilmawan, S. Ip,. M. Ip kembali mensosialisasikan  Empat Pilar Kebangsaan,  sabtu (17/9/2022). Bertempat di Aula bjb Indramayu,  kegiatan sosialiasasi tersebut diikuti  anak muda dari Rumah Kreatif, Patriot Desa Kabupaten Indramayu, mahasiswa dan BEM Universitas Indonesia, Nang Nok Indramayu,  dan penggiat pecinta alam.

Politis muda dari Partai Golkar ini, kembali menjelaskan tentang mahasiswa dan kalangan pemuda yang  merupakan masa perkembangan dalam konsep berfikir dan bertindak. Bahkan, cara berfikir yang kritis tentang segala hal,  ada dalam masa-masa tersebut. Karena itu, pengetahuan dan wawasan tentang kebangsaan, pengamalan nilai-nilai pancasila harus melekat dalam pribadinya.

"Kalangan mahasiwa dan pemuda yang kritis tentang segala hal, perlu p enerapan rasa cinta terhadap tanah air. Semangat nasionalisme ini harus ditumbuhkan dalam kehidupan bermasyarakat. Jangan sampai, mereka tidak mengetahui keberagaman dan toleransi serta saling menghargai antar pemeluk agama, suku dan budaya,"  ujar  Mas Hilal, sapaan akran Hilal Hilmawan dengan gaya khasnya yang santai tapi serius.

Dikatakan  Mas Hilal, sebagai salah satu upaya penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara kepada masyarakat, dirinya sebagai wakil rakyat, memiliki tanggungjawab untuk mensosialisasi 4 Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika).  Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar juga dilakukan, dalam  rangka program Citra Bhakti/Parlemen dalam Sketsa Kebangsaan. 

Dalam sosialisasi itu, Mas Hilal banyak mendapatkan respon positif dari para peserta yang hadir memadati aula bjb Indramayu. Hal tersebut terlihat dari antusiasnya peserta mengikuti, dan memberikan tanggapan  dalam kegiatan tersebut. 

“Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini merupakan kegiatan yang sangat penting bagi penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara khususnya terhadap generasi muda,” jelas Mas Hilal yang asli dari  Singajaya – Indramayu.

Dituturkan hilal,  generasi muda, baik mahasiswa maupun pecinta alam dan lainnya, merupakan ujung tombak pemuda-pemudi Indonesia dan perwujudan nilai-nilai dari Pancasila. Generasi muda harus mampu menjalin toleransi dan menjadi perekat persatuan dalam keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selain itu, menurut Mas Hilal, 4 Pilar Kebangsaan penting dipahami dan ditanamkan pada seluruh generasi bangsa Indonesia, menurut dia, agar kehidupan bangsa Indonesia semakin kokoh, serta masyarakat bisa memahami dan melaksanakan Pancasila, juga secara konsekuen menjaga sendi-sendi utama lainnya, yakni UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini menjadi penting karena ada tanggungjawab kita bersama untuk membentengi para remaja kita dengan nilai-nilai Pancasila yang diwariskan oleh para pendiri bangsa,” tegasnya.

Untuk itulah,  Mas Hilal merasa perlu mengajak masyarakat untuk membentengi generasi muda dengan menanamkan nilai-nilai luhur bangsa dalam bentuk sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang mencakup: Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.  Dengan kegiatan ini diharapkan kalangan mahasiswa dan generasi muda di Indramayu, akan semakin kuat dalam menghadapi tantangan jaman, serta teta terjaganya rasa nasionalisme dan patriotisme bangsa. (mak/adv)

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.