News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bupati Hj. Nina Agustina bersama Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan Dorong Pemasaran Buah Mangga Indramayu di Pasar Internasional

Bupati Hj. Nina Agustina bersama Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan Dorong Pemasaran Buah Mangga Indramayu di Pasar Internasional

 


INDRAMAYU - Dalam rangka memperjuangkan Nasib Para petani mangga di kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat, Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina bersama Menteri Perdagangan Republik Indonesia H. Zulkifli Hasan melakukan panen raya buah mangga,  panen raya buah mangga di Agro Wisata Hutan Mangga Desa Mangunjaya Kecamatan Anjatan Kamis (13/10/2022). Panen mangga itu diikuti oleh unsur Kementrian Perdagangan, Forkopimda Indramayu, ketua umum Go- grend Indonesia. Direktur Utama PT. Tri Mulya Sentosa. Forkopimcam Anjatan. Ketua Poktan Karya Tani Bakti bersama Anggota hadir Kepala Desa Se-Kecamatan Anjatan.

Usai melakukan Panen Mangga, Menteri Perdagangan Republik Indonesi, H. Zulkifil Hasan kepada Kreator Jabar mengatakan, Kami bersama Bupati Indramayu, akam terus mendorong pengembangan ekspor komoditas buah mangga di Indonesia secara masif, Khususunya buah mangga di Indramayu, dan upaya ini selaras dengan program ekspor mangga yang telah dicanangkan oleh pemerintah, dengan demikian buah mangga hasil petani mangga di Kabupaten Indramayu  bisa menguasi Pasar mangga Dunia. 

"Kami akan terus berupaya bersama Bupati Indramayu untuk  mendorong serta membantu para petani mangga di Indramayu agar pengembangan ekspor mangga,  dan itu bisa menjadi peluang besar bagi para petani mangga Indramayu," ujarnya.

Dikesempatan yang sama Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina Kepada Kreator Jabar mengatakan, Indramayu sebagai wilayah yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) yang memilik peluang besar menjadi kabupaten yang maju lebih baik di jawa barat dan Nasional dengan kekayaan sumber pangam dan non pangan, seperti  produksi beras terbesar Nasional, serta mendapat julukan Kabupaten lumbung pangan (Padi) juga Produksi mangga terbesar di jawa barat hingga Indramayu mendapat Label Kota Mangga juga hasil ikan.


"Alhamdulilah dibidang pemasaran hasil mangga oleh para petani mangga juga Kelompok Petani (Poktan) mangga, kami selaku pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu akan berharap penuh dengan kehadiran Menteri Perdagangan di kegiatan panen raya mangga yang dilaksanakan ini bisa memberi peluang yang baik buat pemasaran buah mangga di luar negerinya," ujarnya.



Pemasaran buah mangga atau hasil produksi mangga Indramayu di pasar internasional, perlu dilakukan. Karena setiap musim panen mangga petani mangga di Indramayu selalu terjun bebas, dan kami akan terus bersinergi dengan Kementrian Perdagangan untuk mendorong para petani mangga untuk terus bersemangat, karena Menteri Perdagangan dan pihak terkait akan membantu pemasaran hasil produksi mangga di Indramayu.

Kemudian, sudah penanda tanganan MoU dengan Direktur Utama PT. Try Mulya Sentosa untuk membantu pemasaran hasil produksi mangga di Kabupaten Indramayu. "Tinggal kita selaku pemerintah daerah Indramayu menyiapkan market plis atau Portal Mangga. Padi dan ikan seperti apa yang di minta oleh Menteri Perdaganga, dan ekspor buah Mangga Indramayu ini, merupakan yang perdana, karena selama ini, pemasaran mangga Indrmayu masih di wilayah Indonesia (Lokal). saya pribadi sebagai  kepala daerah atau Bupati Indramayu akan terus berupaya untuk mendorong serta berupaya memulihkan kondisi perekonomian masyarakat Indramayu pasca pandemi Covid - 19," jelasnya.

Juga dikatakan oleh Nurhakim.AS kepala Desa (Kuwu) Desa Mangun Jaya kepada Kreator Jabar, panen buah Mangga yang dilakukan oleh Menteri perdagangan bersama Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina di Argo Wisata Hutan Mangga Desa Mangunjaya Kecamatan Anjatan yang memiliki luasan lahan kebun mangga 160 hektar yang kelola oleh masyarakat petani mangga yang telah dibentuk Poktan petani mangga. Dimana pada musim panen mangga, penjualan mangga ada pembeli  jemput bola dari kalimantan, dan kalau tidak ada, Masyarakat mengirim hasil panen mangganya ke kramat jati jakarta.

"Kami berharap, dengan adanya kunjungan Menteri perdagangan dan Bupati Indramayu,  bisa memfasilitasi para petani mangga di Indramayu, khususnya petani mangga Desa Mangunjaya dalam pemasaran mangga, sehingga harga hasil produksi mangga bisa lebih baik," harapnya. (A. Satori - Dewa)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.