News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bupati Hj. Nina Agustina Hadiri Panen Padi Perdana di Desa Karanglayung, dan Melepas Pengiriman Hasil Panen Padi Galur NA 178 ke Jakarta

Bupati Hj. Nina Agustina Hadiri Panen Padi Perdana di Desa Karanglayung, dan Melepas Pengiriman Hasil Panen Padi Galur NA 178 ke Jakarta

 


INDRAMAYU - Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, SH.,MH.,C.R.A pada Jumat (14/10/2022) melakukan panen padi perdana musim Gadu 2022 bersama Kelompok Tani (Poktan) Asri Wijaya Desa Karanglayung Kecamatan Sukra Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat.

Kedatangan Bupati Hj. Nina Agustina untuk melakukan panen padi perdana di Desa Karanglayung yang sekaligus melepas pengiriman hasil panen padi NA 178 ke PT. Food Station Cipinang Jakarta,  turut hadir, Dandim 0616 Indramayu,  Pimpinan Bank BJB. GM. PT. PLN NP UBJOM Indramayu yang diwakili Manager SDM Keuangan dan Adminitrasi, Jajaran  Kepala Dinas dari Indramayu,  para pejabat dilingkungan Pemerintah kabupaten Indramayu, Para Camat serta para kepala Desa (Kuwu) di wilayah kecamatan sukra.

Mereka disambut dengan penampilan  tari topeng,  dan  kedatangan mereka antusias disambut para petani desa Karanglayung. 

Usai melakukan pemanenan padi NA 178  dan pelepasan pengiriman hasil panen padi, Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina kepada Kreator Jabar menjelaskan, dirinya bersyukur bisa ikut panen padi bersama para petani.

" Alhamdulilah, pada hari ini, saya bersama petani, khususnya masyarakat petani di wilayah kecamatan Sukra. Kita patut  bersyukur kepada yang maha kuasa atas rejeki yang didapat dari hasil bumi, seperti hasil padi yang baik ini. Semoga produksi padi yang menggembirakan ini bisa dinikmati petani," ujarnya.

Dijelaskan Bupati Nina Agustina,  perlu kita ketahui, pada sektor pertanian, Kabupaten Indramayu merupakan daerah penghasil padi teringgi di Indonesia.  Sehingga kabupaten Indramayu menduduki peringkat pertama di Indinesia. Selain sebagai wilayah lumbung padi di jawa barat, Indramayu juga sebagai wilayah yang mampu menopang ketahanan pangan nasional.

"Oleh karena itu, sebagai wilayah penghasil padi,  pemerintah pusat meminta Kabupaten Indramayu bisa memenuhi kebutuhan dibidang hasil produksi padi pada tahun 2023 bisa mencapai 1,5 juta ton pertahunnya," harapnya.

Bupati Nina Agustina mengajak kepada petani Indramayu untuk bekerjasama dan bersinergi dengan pemda Indramayu dalam rangka mempertahankan serta peningkatan hasil komoditas padi. Karena Indramayu di tahun 2021 hasil produksi padi masih 1.3 juta ton pertahunnya.

Dengan adanya Varitas padi baru NA 178  dan kerjasama pemasokan padi dengan  PT. FOOD STATION, diharapkan bisa meningkatkan produktifitas hasil pertanian.

"Pengembangan hasil produksi pada bidang sektor  pertanian (Padi), buah mangga dan Ikan juga yang lainya, adalah cita - cita saya, juga cita - cita bersama untuk masyarakat petani Indramayu. Karena bagaimanapun juga kita tidak bisa lepas dari petani dan padi /beras, karena tujuan tesebut guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indramayu, dan saya berharap kepada petani di Indramayu agar tetap semangat," terangnya.

Dikesempatan yang sama juga dikatakan oleh H. Kasmana selaku kepala desa atau kuwu Desa Karanglayung kepada Kreator Jabar, bahwa pihaknya gembira panen padi GALUR NA 178 perdana di Desa Karanglayung yang dihadiri langsung oleh Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, SH.,MH.,C.R.A  dan diikuti oleh seluruh kepala Dinas. Para camat serta unsur lainnya dari Kabupaten Indramayu juga para kepala Desa (Kuwu) dan kelompok tani (Poktan) juga masyarakat petani Desa Karanglayung. 

"Ini jad motivasi tersendiri dan  harapan bagi para petani di Desa kami, dan kami selaku pemerintahan desa akan terus berjalan selaras dengan Program - Program pemerintah pusat, khususnya Program Pemkab Indramayu dibawah kepemimpinan Bupati  Hj. Nina Agustina," tuturnya.

Ditambahkan, pemdes akan terus melaksanakan program Pemkab,  terutama pada program ketahanan pangang Nasional,. Kabupaten Indramayu sebagai wilayah lumbung padi di provinsi jawa barat, serta adanya permintaan peningkatan hasil produksi padi di tahun 2023 hingga 1.5 juta ton /Tahun dari pemerintah pusat adalah tanggungjawab kita bersama.

Dikatakan H. Kasmana, dengan kehadiran Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina di Panen Perdana Padi NA 178  dan melepas keberangkatan pengiriman padi baru Varitas NA 178  ke PT. Food Station, merupakan kebanggaan tersendiri dan menjadi harapan besar bagi para petani Indramayu juga petani Desa Karanglayung, untuk lebih maju lagi. (A. Satori - Dewa)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.