News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemdes dan Warga Ujunggebang Gelar Sedekah Bumi yang dimeriahkan Karnaval Budaya dan Pagelaran Wayang Kulit

Pemdes dan Warga Ujunggebang Gelar Sedekah Bumi yang dimeriahkan Karnaval Budaya dan Pagelaran Wayang Kulit

 


INDRAMAYU - Pemerintah desa (Pemdes) Pemdes Ujunggebang Kecamatan Sukra Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat bersama Warga Desa Ujunggebang Selasa (29/11/2022) menggelar acara Karnaval Sedekah Bumi dengan menggelar Wayang Kulit Karya Budaya  dan Rabu (30/11/2022) menggelar Tradisi adat Ngunjung  Buyut  Karsiyem dengan menyelenggarakan Sandiwara Chandra Sari, berbagai rangkain acara dalam melestarikan budaya atau tradisi peninggalan nenek moyang kita (Leluhur) terdahulu yang dikemas oleh Panitia Penyelenggara, bersajalan sukses dan lancar

Acara adat sedekah Bumi dengan mengunjungi (Nyekar) Buyut Karsiyem dan Buyut Balekambang  yang diselenggarakan Pemdes  bersama masyarakat Ujunggebang, Hadir, Forkopimcam Sukra yaitu, Camat DR. Dadang Rusyanto.  Sekmat Dadang Supriatna, Kapolsek Sukra yang diwakili Babinmas,, Danramil 1416/Anjatan yang diwakili Babinsa, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, Lembaga Desa, pamong Desa. Karangtaruna.

Camat DR. Dadang Rusyanto yang menghadiri langsung acara Ngunjung Buyut Karsiyem kepada Kreator Jabar mengatakan, Kami selaku pemerintah Kecamatan Sukra sangat memberikan Apresiasi kepada Pemerintahan Desa bersama Warga Desa Ujunggebang yang dipimpin Dedi Gunawan sebagai Kepala Desa (Kuwu), karena Pemdes dan warga kompak dalam melestarikan Kebudayaan Nenek moyang kita seperti Tradisi Sedekah Bumi dan Ngunjung, masyarakat atau warga sangat Kompak dengan menyajikan ratusan tumpeng di Acara.

 Menurut DR. Dadang Rusyanto, budaya atau tradisi nenek moyang kita terdahulu memiliki nilai - nilai kearifan lokal yang baik untuk menjadi benteng dampak negatif dari perkembangan teknologi, dengan terbangunnya budaya kearifan lokal antara pemdes dan masyarakat, akan mampu memberikan nilai positif terhadap terlaksananya pembangunan Desa dengan baik yang bisa mewujudkan Indramayu Bermartabat.

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Bupati Hj. Nina Agustina di acara Ngunjung yang diselenggarakan oleh Pemerintahan Desa yang ada di wilayah kecamatan Sukra, Khususnya Desa Ujunggebang," ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Dedi Gunawan kepala Desa atau Kuwu Ujunggebang kepada Kreator Jabar menjelaskan, Acara yang dilaksanakan dalam rangka Sedekah bumi dan Ngunjung merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan yang maha esa, yang telah memberikan kesehatan, keselamatan serta rejeki dari hasil bumi dan sebagainya, sekaligus mendoakan (Nyekar) kepada para Leluhur atau pendiri Desa Ujunggebang yang telah wafat."Tuturnya.

Lebih kanjut Dedi Gunawan, mengatakan acara sedekah Bumi dan Ngunjung yang merupakan  budaya / Tradisi Peninggalan nenek moyang kita terdahulu  yang diselenggarakan oleh Pemdes dan Masyarakat Desa Ujunggebang sebagai wujud melestarikan budaya secara turun - temurun dilaksanakan, khususnya masyarakat Indramayu.

" Kami selaku Pemerintahan Desa, sangat mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga desa ujunggebang juga kepada Panitia penyelenggara acara Sedekah bumi dan Ngunjung, yang telah mensukseskan acara ini hingga berjalan lancara dan sukses," jelasnya  (Warlan)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.