News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

10 Pasutri dari Kecamatan Patrol Ikuti Sidang Itsbat Nikah Terpadu Program Pemda Indramayu 2022

10 Pasutri dari Kecamatan Patrol Ikuti Sidang Itsbat Nikah Terpadu Program Pemda Indramayu 2022

 


INDRAMAYU-Dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Indramayu  terkait status Pernikahan, Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina. S.H., M.H.,C.R.A,  mengkolaborisikan Program pelayanan Terpadu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) bersama Pengadilan Agama (PA) dan Kementrian Agama (Kemenag) kabupaten Indramayu, yaitu Program Sidang Itsbat Nikah Terpadu.

Program Pemerintah Kabupaten Indramayu di bawah kepemimpinan Hj. Nina Agustina, berupa program sidang Isbat Nikah terpadu, begitu inovatif dan dibutuhkan masyarakat Indramayu. Khususnya masyarakat yang sudah menikah secara agama, namun belum tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA).

Pemkab Indramayu bersama Kemenag dan  Pengadilan Agama (PA) Indramayu  telah melaksanakan program Isbat nikah terpadu tersebut, padam Jumat (2/12/2022) bertempat di Gedung Covention Hall Nyi Endang Dharma Ayu Universitas Wiralodra (Unwir).

 Program Sidang Itsbat Nikah Terpadu itu, disambut antusias dan diikuti banyak  pasangan suami istri (pasutri) yang ingin memiliki status pernikahan yang sah. Salah satunya dari  kecamatan Patrol, yang mengirim 10 Pasutri yang mengikuti Sidang Itsbat Nikah Terpadu.

Camat Rusyad Nurdin melalui Hj. Tursiyawati (Kasi Paten) saat dihubungi Kreator Jabar mengatakan,  ada 10 Pasutri dari Kecamatan Patrol yang mengikuti Sidang Itsbat Nikah terpadu tersebut. Menurutnya, itu program  yang diselenggarakan Pemda Indramayu yang berkolaborasi dengan Disdukcapil, Kemenag dan Pengadilan Agama Indramayu. Itu bagian dari realisasi visi Indramayu Bermartabat yang dilaksanakan Pemkab kota mangga, dibawah kepemimpinan Bupati Hj. Nina Agustina.

"Adapun dari 10 Pasutri yang mengikuti Itsbat nikah berasal dari Delapan (8) Desa di kecamatan Patrol, dan hanya satu Pasutri yang tidak hadir, dan akan menyusul," ujarnya.

Diwaktu yang sama, Dani kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Patrol kepada Kreator Jabar mengatakan, Itsbat nikah merupakan sebuah proses penetapan pernikahan pasangan suami istri (Pasutri) yang belum memiliki buku akta nikah guna bukti sahnya perkawinan.

"Bagi Para Pasutri yang mengikuti Itsbat Nikah Program Bupati Indramayu berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu, Disdukcapil, Kemenag, Pengadilan Agama, setelah selesai Itsbat nikah akan langsung mendapatkan buku akta nikah," jelasnya. (A.Satori-Dewa)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.