News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

BUPATI NINA AGUSTINA SALURKAN BLT dan BANTUAN REHAB RUMAH KELUARGA MISKIN BERSUMBER DARI BAZNAS

BUPATI NINA AGUSTINA SALURKAN BLT dan BANTUAN REHAB RUMAH KELUARGA MISKIN BERSUMBER DARI BAZNAS

 


INDRAMAYU - Bupati Indramayu Nina Agustina secara simbolis menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada siswa dan siswi serta Guru atau Tata Usaha (TU) dan bantuan rehab rumah keluarga miskin (Gakin) yang bersumber dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Indramayu.

Penyerahan simbolis BLT kepada siswa dan siswi maupun guru atau TU serta bantuan rehab rumah gakin ini diserahkan Bupati Nina Agustina didampingi Asisten Daerah Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Jajang Sudrajat, perwakilan BAZNAS Kabupaten Indramayu Aam Susilawati dan disaksikan langsung oleh kepala BUMN, BUMD serta kepala perangkat daerah dan camat hingga kuwu se-Indramayu, di Aula Hotel Handayani Indramayu, Selasa (13/12/2022).

Dalam sambutannya Bupati Nina mengatakan, zakat merupakan satu diantara 5 rukun islam yang memiliki keutamaan dan keistimewaan tersendiri dan mempunyai potensi yang besar untuk membantu perekonomian umat.

“Karena sebagaimana yang kita ketahui zakat merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam. Hal ini telah ditetapkan dalam Al-Qur'an dengan jelas zakat tidak hanya berdimensi pada ibadah haji tetapi berdimensi sosial dan ekonomi umat,” katanya.

Nina menambahkan, Pemerintah Kabupaten Indramayu telah melakukan berbagai upaya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui pembangunan infrastruktur pendukung peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan ekonomi kerakyatan.

Namun demikian yang perlu diperhatikan bahwa upaya tersebut tidak sepenuhnya menjadi tanggungjawab pemerintah, akan tetapi akan sangat diperlukan partisipasi dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat.

Bupati Nina meminta kepada seluruh perangkat daerah dan badan usaha lainnya diharapkan dapat menyalurkan zakat infaq dan sedekahnya kepada BAZNAS Kabupaten Indramayu.

Karena ZIS yang disalurkan nantinya dapat bisa membantu masyarakat yang membutuhkan,” pintanya.

Sementara itu Panitia Kegiatan Penyaluran Bantuan pada BAZNAS Kabupaten Indramayu Aam Susilawati menyampaikan, jumlah bantuan sebesar Rp1.467.600.000,- meliputi bantuan siswa/siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri sebesar Rp405.600.000,- dan bantuan siswa/siswi Sekolah Dasar (SD) Negeri Rp622.000.000,- serta bantuan stimulan rehab rumah gakin sebesar Rp440.000.000,-.

Kemudian total jumlah mustahik penerima bantuan sebanyak 2.613 orang meliputi bantuan siswa/siswi SMP Negeri 1002 orang, bantuan siswa/siswi SD Negeri 1.147 orang dan bantuan guru atau TU  honorer di SD Negeri maupun SMP Negeri serta bantuan rehab rumah gakin sebanyak 44 orang.

Selanjutnya mustahik penerima bantuan yang dihadirkan terdiri dari siswa/siswi  SM Negeri 76 anak, siswa/siswi SD Negeri 31 anak dan guru/TU honorer dari keluarga tidak mampu sebanyak 10 orang dengan didampingi kepala sekolah masing-masing. Sedangkan bantuan stimulan rehab rumah gakin 44 orang dengan didampingi kuwu dan camat masing-masing. 

Diungkapkan Aam, bantuan yang diberikan selain sebagai bentuk pelaksanaan program Baznas Kabupaten Indramayu, juga sebagai bentuk upaya pemerintah untuk meringankan beban pendidikan kepada siswa/i serta dalam rangka menangani permasalahan sosial di masyarakat. (Abdul Gani)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.