News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bupati Nina Agustina Tinjau TPA Pecuk, dan Pemkab Indramayu Rencana Gandeng Investor Kelola TPA Pecuk Sebagai Energi Pembangkit Tenaga Listrik

Bupati Nina Agustina Tinjau TPA Pecuk, dan Pemkab Indramayu Rencana Gandeng Investor Kelola TPA Pecuk Sebagai Energi Pembangkit Tenaga Listrik

 


INDRAMAYU - Pemerintah Kabupaten Indramayu berencana memanfaatkan sampah yang berada di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sebagai Energi Pembangkit Tenaga Listrik.

Bupati Indramayu Nina Agustina beserta rombongan meminta masyarakat Kabupaten Indramayu untuk senantiasa mendoakan rencana Pemkab Indramayu bisa segera terealisasi kerjasama dengan pihak investor.

Hal itu disampaikan Bupati Nina Agustina saat menyapa warga yang ikut menyaksikan peninjauan TPA Pecuk yang berlokasi di Desa Panyindangan Kulon, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Kamis (15/12/2022).

Dalam peninjauan lokasi TPA Pecuk, Bupati Nina Agustina didampingi Sekda Indramayu Rinto Waluyo dengan membawa serta investor dari Tiongkok. 

Dikatakan Bupati Nina, keberadaan sampah di TPA Pecuk harus dapat dimanfaatkan sebaik-baik mungkin. Sehingga, sampah yang menggunung di TPA Pecuk Kecamatan Sindang tidak menjadi sumber masalah di masyarakat.

Rencana Pembkab Indramayu dalam memanfaatkan sampah perlu didukung dan didoakan oleh semua pihak, agar bisa terwujud dan dapat memiliki manfaat untuk pembangunan daerah Kabupaten Indramayu.

"Pemkab Indramayu berencana membenahi sampah Tempat Pembuangan Akhir. Hal itu jangan sampai menjadi masalah atau problema di masyarakat. Kami selalu mohon doanya, mudah-mudahan apa yang kita harapkan semuanya dapat terealisasi dengan segera dan berjalan lancar," harapnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu, Ir Aep Surahman menjelaskan TPA Pecuk sendiri berdiri di luas lahan 10,5 hektare, berlokasi di Desa Panyindangan Kulon, Kecamatan Sindang dan melayani persampahan di wilayah perkotaan Kecamatan Indramayu, Sindang, Balongan, Pasekan serta dari pasar tradisional, jalan-jalan utama di Kota Indramayu, Kecamatan Karangampel dan Jatibarang. 

Dikatakan Aep Surahman, sistem pemrosesan akhir sampah di TPA Pecuk adalah penimbunan dengan sistem Sanitary Landfill, pengomposan sampah organik, pemanfaatan gas methan. TPA Pecuk sudah dilengkapi dengan kantor, laboratorium, jembatan timbang, jalan inspeksi, IPAL, sumur pantau, bangunan komposter, biodigester, aliran gas methan, pagar, gapura, buffer zone, alat berat (buldozer, eksavator), ungkap Aep.

"Saya berharap apa yang menjadi rencana Pemkab Indramayu dinakodai oleh Bupati Nina Agustina Da'i Bachtiar segera terwujud menuju Indramayu Bermartabat", tutupnya.(Abdul Gani/Adv)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.