News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dihadapan Mahasiswa Unwir, Anggota DPRD Jabar Hilal Hilmawan S.IP M.IP Sampaikan Pentingnya Menjungjung Tinggi Empat Pilar Kebangsaan

Dihadapan Mahasiswa Unwir, Anggota DPRD Jabar Hilal Hilmawan S.IP M.IP Sampaikan Pentingnya Menjungjung Tinggi Empat Pilar Kebangsaan

SOSIALISASI. Hilal Hilman S.IP, M.IP, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat saat mensosialisasikan empat pilar kebangsaan  di hadapan mahasiswa Univeritas Wiralodra Indramayu, Selasa (6/12/2022). //foto:ist//

INDRAMAYU Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, Hilal Hilmawan S.IP, M.IP kembali mensosialisasikan Empat pilar kebangsaan di lingkungan kampus Universitas Wiralodra (Unwir) Indramayu, Selasa (6/12/2012). Wakil rakyat dari Dapil XII Jabar (Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon dan Kota Cirebon) ini, kembali menyampaikan kepada para mahasiswa, pentingnya menjungjung tinggi empat pilar kebangsaan dalam kehidupan di tengah masyarakat, termasuk di kabupaten Indramayu.

“Sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada mahasiswa  Unwir ini, perlu dilakukan. Supaya para mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa, mampu mengimplementasikan ditengah masyarakat,” ujar mas Hilal, sapaan akrab Hilal Hilmawan.

Politisi Partai Golkar ini memaparkan empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhine Tunggal Ika dihadapkan dengan tantangan, khususnya pada generasi muda.

Menurutnya, mahasiswa dan pelajar merupakan masa perkembangan dalam konsep berfikir. Bahkan, cara berfikir yang kritis tentang segala hal ada dalam masa-masa tersebut. Karena itu, pengetahuan dan wawasan tentang kebangsaan, pengamalan nilai-nilai pancasila harus melekat dalam pribadinya.

"Sebagai contoh, penerapan rasa cinta terhadap tanah air. Nasionalisme ini harus ditumbuhkan dalam kehidupan bermasyarakatnya, jangan sampai mereka tidak mengetahui keberagaman dan toleransi serta saling menghargai antar pemeluk agama, suku dan budaya," jelasnya.

Yang terpenting lagi, adalah soal tanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Sebagai mahasiswa harus menyelesaikan kuliahnya. Kemudian dapat menyikapi kemajuan teknologi digital dan media sosial (medsos) dengan baik. Karena,  dalam meningkatkan wawasan terhadap pilar kebangsaan, tidak hanya cukup dengan cara konvensional, tetapi juga perlu ada metode lain yang mampu memberikan edukasi lebih masif kepada generasi muda, seperti melalui media sosial.

 “Generasi muda punya kewajiban dasar, kewajiban kenegaraan untuk lebih paham dan memahami ideologi negara, memahami bentuk negara, mengamalkan semboyan Bhineka Tunggal Ika, serta senantiasa berpikir, bersikap, berbuat berlandaskan pada koridor hukum sebagaimana yang telah termaktub dan tertuang secara empiris maupun impiris di UUD 1945,” tegas wakil rakyat yang asli dari Indramayu ini. 

Dalam kesempatan itu, banyak  mahasiswa yang menjadi peserta, menyampaikan respon positifnya atas apa yang disampaikan Hilal Hilmawan. Kemudian, banyak juga yang bertanya untuk mengetahui lebih jauh tentang empat pilar kebangsaan. Khususnya dalam kehidupan di tengah masyarakat  yang beraneka ragam budaya dan adat istiadat. (mak)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.