News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jalin Kerjasama, Perumdam Tirta Darma Ayu Alirkan Air Bersih untuk Komplek Perumahan PT KPI Unit Balongan

Jalin Kerjasama, Perumdam Tirta Darma Ayu Alirkan Air Bersih untuk Komplek Perumahan PT KPI Unit Balongan

 


BALONGAN – Sebagai bentuk kolaborasi antara BUMN dengan BUMD, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balongan melakukan kerjasama jual beli air bersih dengan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu.

Kerjasama ditandai dengan dilakukan penandatanganan


perjanjian oleh General Manager PT KPI Unit Balongan Diandoro Arifian dengan Direktur Utama Perumdam Tirta Darma Ayu, Ady Setiawan, yang disaksikan Bupati Indramayu Nina Agustina, Kamis (15/12), di Gedung Patra Ayu Perumahan Pertamina Bumi Patra.

Diandoro Arifian menyampaikan, sebelumnya kebutuhan air bersih untuk area Kilang Pertamina Balongan dan komplek perumahan disupplay melalui unit Utilities milik RU VI di Salamdarma Subang yang berjarak sekitar 60 KM.

Namun, sambung Diandoro, dengan kerja sama ini, kebutuhan air bersih untuk area perumahan telah disupplay dari Perumdam Tirta Darma Ayu, sedangkan untuk kebutuhan operasional Kilang tetap melalui Unit Utilities di Salamdarma Subang 

“Kerjasama ini  merupakan langkah strategis dalam mendukung bisnis sustainability Pertamina maupun Perumdam Tirta Darma Ayu”, tegas Diandoro.

Diandoro menambahkan, dengan adanya pengaliran sumber daya air ini, bagi pertamina RU VI Balongan dapat meningkatkan sinergi kerjasama BUMN dan BUMD serta meningkatkan fleksibilitas operasional Pertamina. 


Direktur Utama Perumdam Tirta Darma Ayu, Ady Setiawan, dalam sambutannya menyampaikan air baku yang dialirkan untuk PT KPI Unit Balongan berasal dari Kuningan yang memiliki kualitas air yang bersih.


“Jadi karena sumber air baku dari Kuningan ini sumbernya sudah bersih, maka akan minim pengolahan, tinggal sedikit treatment sederhana dan bisa digunakan”, kata Dirut Perumdam Tirta Darma Ayu Ady Setiawan. 


Sementara itu, Bupati Indramayu Nina Agustina dalam kegiatan tersebut menyampaikan, kerjasama jual beli air bersih ini juga turut memiliki benefit, diantaranya meningkatkan pendapatan penjualan air Perumdam Tirta Darma Ayu setiap bulannya, menambah mitra strategis BUMN sebagai solusi pelapis agency problem, dan meningkatkan profesionalisme pelayanan air minum  utamanya tuntutan kerberlangsungan kualitas pelayanan air minum.


“Sinergi ini semoga tetap terjaga dan semakin meningkat menuju Indramayu yang lebih baik dan bermartabat”, ungkap Bupati Nina 


Pada tahap pertama implementasi kerjasama ini, Perumahan Pertamina Bumi Patra akan mendapat pasokan air bersih sebesar 20 meter kubik perjam, dan akan mengalami peningkatan pada kuartal satu tahun 2023 nanti menjadi 70 meter kubik perjam, tutupnya. (Abdul Gani)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.