News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemdes Bugis Gelar Sedekah Bumi Dengan Sajikan Pagelaran Wayang Kulit, Istighosah dan Kanaval Tumpeng Hasil Bumi

Pemdes Bugis Gelar Sedekah Bumi Dengan Sajikan Pagelaran Wayang Kulit, Istighosah dan Kanaval Tumpeng Hasil Bumi

 


INDRAMAYU - Sedekah Bumi yang merupakan tradisi atau budaya peninggalan nenek moyang kita terdahulu menjadi agenda tahunan oleh Pemerintahan Desa,  salahsatunya dilaksanakan oleh Pemerintahan Desa Bugis Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat dibawah kepemimpinan Johan Wahyudi. S.Pd.I Sebagai Kepala Desa (Kuwu) disetiap menyambut datangnya Musim Tanam Padi (MT).

Pada Acara Sedekah Bumi yang diselenggarakan oleh Pemerintahan Desa Bugis Sabtu (10/12/2022) bertempat di halaman Kantor Pemdes Bugis hadir, Forkopimcam Anjatan, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh Agama, TP-PKK Desa Bugis dan Karangtaruna, Pemerintahan Desa Bugis menyelenggarakan Rangkaian Acara seperti, acara Istighosa dan Do,a bersama dengan menghadirkan Penceramah KH.Ushfuri Anshori dari Kabupaten Subang, Pagelaran Wayang Kulit Langen Budaya dalang H. Rusdi dan Karnaval Tumpeng hasil bum Raksasa.

Johan Wahyudi. S.Pd.,I selaku kepala Desa (Kuwu)  Bugis kepada Kreator Jabar mengatakan,  Acara Sedekah Bumi yang dilaksanakan ini merupakan agenda tahunan pemerintahan Desa Bugis sebagai acara menyambut datangnya musim tanam padi (MT) 2022 sekaligus sebagai wujud rasa bersyukur kepada tuhan yang Maha Esa atas rejeki yang didapat dari hasil bumi." Tuturnya. Bu


Lebih Lanjut Joham Wayudi menjelaskan, Tradisi atau budaya peninggalan nenek moyang kita terdahulu, seoerti,Sedekah Bumi, Mapag Sri dan Ngunjung  merupakan perwujudan rasa syukut atas nikmat dan karunia yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, sedekah bumi juga diartikan sebagai sarana memanjatkan Do'a agar selalu diberikan keselamatan dam dijauhkan dari bencana.


"Acara Istighosah, Do'a bersama dan Pagelaran Wayang kulit serta karnaval tumpeng hasil bumi yang dilaksanakan oleh Pemerintahan Desa Bugis di acara sedekah bumi, memiliki keumikan dan kekhasan yersendiri dalam penyelenggaraan sedekah bumi dan wajib ada, karena hal itu salahsatu ritual tahunan, yang pada intinya ungkapan rasa syukur terhadap hasil bumi," ungkapnya. (Warlan)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.