News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sedekah Bumi Desa Mangunjaya Kecamatan Anjatan Bertabur Hadiah untuk Siswa Berprestasi

Sedekah Bumi Desa Mangunjaya Kecamatan Anjatan Bertabur Hadiah untuk Siswa Berprestasi

 


INDRAMAYU -  Sebagai bentuk rasa bersyukur kepada Tuhan yang mah Esa atas rejeki yang didapat dari hasil bumi sekaligus menyambut datangnya musim tanam padi tahun 2022, Pemerintahan Desa Mangunjaya Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat, dibawah kepemimpinan Nurhakim. AS sebagai kepala Desa (Kuwu) pada kamis ( 22/12/2022), menyelenggarakan tradisi atau budaya Sedekah Bumi.

Acara sedekah bumi yang diselenggarakan oleh pemerintahan Desa Mangunjaya tersebut menyajikan berbagai kegiatan seperti, Pagelaran wayang kulit Karya Budaya, Tari Topeng dan Pemberian hadiah kepada Siswa - Siswi Berprestasi di Sekolah Dasar, Madrasah dan PAUD yang ada di Desa Mangunjaya hadir, Forkopimcam Anjatan, tokoh Adat. Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Lembaga Desa. Kepala Sekolah, Bunda PAUD, TP-PKK Desa.

Disela - sela acara Sedekah Bumi, Nurhakim. As Kepala Desa atau Kuwu Desa Mangunjaya kepada Kreator Jabar mengatakan, Acara Sedekah Bumi yang diselenggarakan oleh Pemerintahan Desa Mangunjaya yang kami pimpin, pada acara Sedekah Bumi yang pertama kali saya menjabat sebagai kepala Desa (Kuwu), kami menyelenggarkan Pagelaran Wayang kulit.  Tari Topeng dan memberikan hadiah kepada para Siswa - siswi  yang berprestasi dari Sekolah Dasar, Madrasah dan PAUD yang ada di wilayah Desa Mangunjaya. 


" Adat / Budaya Sedekah Bumi, Ngunjung dan Mapag Sri akan menjadi acara tahunan bagi pemerintahan Desa  bersama masyarakat desa mangunjaya, dengan  melestarikan adat / Budaya  peninggalan nenek moyang kita terdahulu mudah - mudahan akan terbangun Gotong Royong atau kearipan lokal antara Pemerintahan desa bersama masyarakat. Jelasnya.

Lanjut Nurhakim, kami selaku pemerintahan Desa Mangunjaya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina. S.H.,M.H., C.R.A yang telah membantu serta mendukung melalui Anggaran Desa untuk terselenggaranya acara Sedekah Bumi,  juga ucapan terima kasih kepada Panitia Sedekah Bumi dan Masyarakat Desa Mangunjaya yang telah mensukseskan acara Sedekah Bumi yang kami selenggarakan.

" Pada Intinya, Sedakah Bumi yang diselenggarakan merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang maha Esa atas rejeki yang didapat oleh para petani dari hasil bumi sekaligus menyambut datangnya musim tanam padi di tahun 2022)," tuturnya. (Warlan)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.