News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tanpa Keterlibatan Pengembang Perum Balongan Asri I, Warga Terpaksa Lakukan Gotong Royong Perbaikan Jalan Rusak dan Perbaiki Balai Warga

Tanpa Keterlibatan Pengembang Perum Balongan Asri I, Warga Terpaksa Lakukan Gotong Royong Perbaikan Jalan Rusak dan Perbaiki Balai Warga

 


INDRAMAYU - Masyarakat dan tokoh masyarakat perumahan Balongan Asri 1 Desa Tegalurung kecamatan Balongan-Indranayu turun gunung kerja bakti memperbaiki jalan rusak berlubang dan memasang keramik balai Rukun Warga (RW) 06 dengan sistim gotong-royong dan urunan sukarela, Minggu (25/12/2022). Bagoes Sapayudha selaku Ketua RW 06 Perum Balongan Asri I Desa Tegalurung menyatakan, kerja bakti dan gotong royong itu, tanpa ada keterlibatan pihak pengembang Perum Balongan Asri I.

Dikatakan Yudha, asset Perumahan Balongan Asri 1 sampai saat ini belum diserah terimakan ke pihak Pemkab Indramayu. "Padahal pihak developer sudah lengkap menyerahkan berkas persyaratan penyerahan asset Perumahan tersebut ke pihak Pemkab Indramayu  sesuai aturan yang ada, namun pihak Pemkab masih belum dilakukan verivikasi lapangan," ungkapnya.

Atas dasar itu, warga Perumahan Balongan Asri 1 selama sepuluh tahun lebih belum ada kontribusi dari Pemkab Indramayu maupun dari Pemdes Tegalurung karena terbentur peraturan dan perundang undangan yang ada. Padahal warga setiap tahun bayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta bayar iuran lainnya semuanya telah di bayar lunas, jelasnya.

Akhirnya terpaksa warga lakukan kegiatan kerja bakti ini dan dihadiri Kuwu Desa Tegalurung Abdullah, pamong desa bersama masyarakat dan tokmas berbaur kerjasama antara masyarakat dan pemdes demi suksesnya "Tegalurung RAGEM dan Indramayu BERMARTABAT".

"Warga bergotong royong memperbaiki jalan rusak berlubang dikarenakan saat turun hujan jalanan bagaikan kubangan Kerbau tergenang air dan menyebabkan masyarakat yang melintas terpeleset dan jatuh. Balai warga disaat ada kegiatan POS YANDU maupun rapat warga terlihat kumuh," terangnya. 

Yudha menjelaskan, pekerjaan gotong- royong merupakan aktifitas bekerja sama-sama, tolong menolong dan bantu membantu merupakan amalan ibadah disisi Allah untuk kebahagiaan bersama. Disamping itu kata Yudha, gotong royong mencerminkan kebersamaan yang tumbuh kembang dalam lingkungan warga Perumahan Balongan Asri 1 desa Tegalurung Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu.

Gotong royong secara bersama-sama untuk membantu orang lain atau untuk membangun fasilitas yang bisa dimanfaatkan bersama. Persatuan yang terjalin dalam bentuk gotong royong sekaligus melahirkan persatuan antar warga. Dengan persatuan yang ada, masyarakat menjadi lebih kuat dan mampu menghadapi permasalahan yang muncul dengan rela berkorban. Pengorbanan tersebut dapat berbentuk apapun, mulai dari waktu, tenaga, pemikiran, hingga uang.

Semua pengorbanan itu dilakukan demi kepentingan bersama. Warga rela mengesampingkan kebutuhan pribadinya untuk memenuhi kebutuhan bersama. Sekecil apapun kontribusi seseorang dalam gotong royong, selalu dapat memberikan pertolongan dan manfaat untuk orang lain.

"Terimakasih atas kepeduliannya dari semua pihak yang telah ikut bersama - sama dengan cara gotong royong. Semoga Allah mencatat sebagai amal ibadah," pungkasnya.

Sementara Kuwu desa Tegalurung Abdullah menyampaikan puji syukur alhamdulillah melihat warganya yang rela meluangkan waktu dan lainnya dalam memperbaiki vasilitas umum (vasum) dilingkungan Perumahan Balongan Asri 1 dengan cara gotong royong. Tentunya hal itu patut ditiru oleh warga lainnya khususnya di desa Tegalurung. Dijelaskan Abdullah, gotong royong adalah salah satu ciri khas yang masih melekat dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Secara garis besar, gotong royong tertuang pada Pancasila dalam sila ke tiga yang berbunyi Persatuan Indonesia. 

"Gotong royong telah mendarah daging dan bahkan menjadi kepribadian bangsa, serta sebagai budaya yang sudah berakar kuat dalam kehidupan bermasyrarakat. Selain itu, sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat yang hampir semua daerah di Indonesia menanamkan nilai gotong royong. Gotong royong berasal dari kata gotong berarti bekerja dan royong berati bersama," tutupnya. (Abdul Gani)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.