News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Terapkan Lingkungan kerja yang sehat dan Aman, Pemprov Jabar Beri 3 Penghargaan Platinum untuk Kilang Pertamina RU-VI Balongan

Terapkan Lingkungan kerja yang sehat dan Aman, Pemprov Jabar Beri 3 Penghargaan Platinum untuk Kilang Pertamina RU-VI Balongan

 


BALONGAN - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menganugerahkan 3 penghargaan Level Platinum sekaligus kepada PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balongan atas upaya yang dilakukan dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan  nihil kecelakaan kerja di Kilang Pertamina Balongan.

Ketiga penghargaan Kategori Platinum yang diraih diantaranya penghargaan program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS di tempat kerja, penghargaan program Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19, dan penghargaan Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3).

Piagam Penghargaan yang ditandatangani Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tersebut, diserahkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jabar Rachmat Taufik Garsadi, kepada  Manager Health, Safety, Security, And Environment (HSSE) PT KPI Unit Balongan dr Nur M Marheliansyah yang mewakili perusahaan, didampingi Section Head Health dr Bernardo L Tobing pada acara Resilience for an Excellence Performance di Sutan Raja Hotel, Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (15/12).

Manager HSSE PT KPI Unit Balongan dr Nur  Marheliansyah mengatakan, aspek keselamatan kerja merupakan yang utama yang harus diterapkan di lingkungan kerja Kilang Pertamina Balongan setiap saat. Dikatakan dr Nur, setiap pekerjaan harus selalu dipastikan aspek safetynya serta mendapat pengawasan oleh safetyman demi menghindari terjadinya kecelakaan kerja sekecil apapun terutama di area kilang. 


“Safety merupakan komitmen  perusahaan yang wajib diterapkan, apalagi Kilang merupakan area kerja dengan risiko tinggi”, Ujarnya.


Terkait penghargaan pencegahan Covid-19, Section Head Health PT KPI Unit Balongan dr Bernardo L Tobing  mengungkapkan hingga kini PT KPI Unit Balongan juga masih menerapkan protokol kesehatan diantaranya menganjurkan penggunaan masker kepada pekerja, dan rutin melakukan random swab antigen setiap minggu, bahkan  tamu yang hadir juga diwajibkan melakukan swab test Antigen.  Sementara terkait  HIV AIDS, melalui bagian Health Kilang Pertamina Balongan juga rutin mengadakan Voluntary Counseling and Testing (VCT) kepada pekerja, keluarga, dan mitra kerja perusahaan.


“kita bersyukur pada giat VCT kepada 100 orang pada 7 Desember lalu semua hasilnya negative”, ungkap dr Bernard.


Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat Rachmat Taufik Garsadi mengatakan, penganugerahan penghargaan terkait aspek K3 ini merupakan bentuk apresiasi kepada perusahaan yang telah menerapkan K3 di lingkungan kerjanya.


“Diharapkan penghargaan ini menjadi motivasi bagi perusahaan yang menerima penghargaan untuk dapat mempertahankan prestasinya menjadi lebih baik”, harapnya.(Abdul Gani)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.