News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

BBWS Citarum Gelar Sosialisasi Pekerjaan Non Regret Measures DJ Jatiluhur Siphon dan Kantong Lumpur Bendung Salamdarma

BBWS Citarum Gelar Sosialisasi Pekerjaan Non Regret Measures DJ Jatiluhur Siphon dan Kantong Lumpur Bendung Salamdarma

 


INDRAMAYU - Selasa (21/2/ 2023( bertempat di Aula Kantor Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat Dirjen Sumber Daya Alam (SDA) Kementrian Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR)  melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum menggelar Sosialisasi pelaksanaan pekerjaan Non Regret Measures DJ Jatiluhur  (Siphon dan kantong Lumpur Salamdarma Bendung Barugbug, Bendung Gadung.


Sosialisasi yang digelar tersebut hadir, Forkopimcam Anjatan , Camat Kecamatan Binong, Koramil Binong, kades Citaraja Kabupaten Subang, Kades Mangunjaya, kades Bugis Tua.


Muhamad Arief selaku pihak dari Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC) usai acara Sosialisasi kepada Kreator Jabar menjelaskan, rencana Pelaksanaan Pekerjaan Siphon dan Kantong Lumpur Bendung Salamdarma yang akan dilaksanakan karena adanya kekurangan Suplay air untuk irigasi saluran induk Bugis yang berdampak pada penurunan intensitas tanam. "Sehingga untuk mengembalikan intensitas tanam yang optimal diperlukan suplesi saluran tarum timur (STT) dengan membangun Siphon, selain itu, adanya permasalahan sedimentasi yang menyebabkan penurunan kapasitas saluran, sehingga permasalahan tersebut perlu diatasi dengan membangun saluran kantong Lumpur / desilting basin yang bertujuan untuk mengurangi sedimen yang masuk kesaluran induk bugis," ujarnya.


Lebih lanjut Arief mengatakan, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin meminimalisir dampak - dampak yang akan terjadi dialami oleh para petani, karena pekerjaan tersebut akan dilaksanakan pada musim gadu (Kemarau) antara bulan April 2023,"terangnya.


Terkait Dampak yang akan dialami oleh masyarakat, khususnya masyarakat Kecamatan Anjatan, baik itu dampak kelangkaan air yang akan dialami petani pada sektor pertanian dari adanya pembangunun Saluran Air dan  pemukiman warga juga keamanan Kamtibmas  yang berada di area pembangunqn, Camat Rory Firmansyah berharap kepada pihak pelaksana proyek juga semua Pihak untuk bisa bersama - sama meminimalisir keadaan yang akan terjadi, sehingga dalam pelaksanaan pekerjaan tidak ada permasalahan.


"Karena,  kata Rory Firmansyah,  pelaksanaan pembangunan Non Regret Measures  Siphon dan Kantong Lumpur bertepatan dengan musim tanam gadu, dimana saat tersebut para petani sedang mengalami kesulitan air, apalagi pada sektor pertanian wilayah timur Indramayu dan wilayah pesisir yang suplay airnya bergantung pada bendung salamdarma," tuturnya (A. Satori - Dewa)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.